Sambal goreng ati kentang

Sunday, October 07, 2012





Sedih rasanya jika harus berpisah dengan sesuatu yg kita sukai, mungkin begitu juga dengan putri sy yg kedua. Setelah dokter anak langganan kami menjelaskan dengan panjang lebar dan mungkin dengan sedikit marah :), atau hanya perasaan sy saja. Karena menanyakan efek samping dari obat untuk alergi / berhubungan dengan pernafasan . Putri sy mengkonsumsi "singulair" dan  " ventolin " atau "Seretide" (  di saat tertentu  )  atas saran dokter.
Dan treatment ini sudah berlangsung lumayan lama. Dari 3 dokter yg sy kunjungi memberikan penjelasan sama, bahwa kendala anak-anak yg tinggal di negara ,mostly areanya adalah gurun, pasti berhubungan dengan saluran pernafasan. Dan ini adalah sangat umum, sy  pun juga maklum,  tetapi tetap tidak bisa menyembunyikan rasa khawatir ( emm...sy termasuk jenis ibu yg memiliki rasa khawatir terlalu berlebihan :) ).

Pertanyaan dari dokter terhadap sy adalah seputar tempat tidur dia, dari berapa kali sy mengganti bed sheet, selimut,  membersihkan filter ac, pakai air purifier atau  tidak, sampai pada satu pertanyaan yg membuat putri sy berubah mukanya. " Does she sleep with her  doll?".....tentunya iya, jelas kesalahan ada di pihak sy :). Selain faktor genetik yg tidak bisa di hindarkan ( sy alergi debu, berat :) ), sy membiarkan dia setiap malam bahkan di free time nya , selalu membawa boneka kesayangan. Dan pastinya dia menangis sedih sekali harus di pisahkan dari sesuatu yg dia sukai...oh sweetie what to do.


Btw, kembali ke tempat yg bisa  me "release" rasa jenuh dan membuat "happy" ..... dapur dengan   segala aneka pernak pernik nya dari coklat powder sampai  dengan "herbs n spices" kesukaan sy.  Menu yg membuat selalu teringat almarhum mbah putri , sambal goreng ati kentang. Minus putri sy kedua, dua penikmat baking menyukainya apalagi  jika ditambahkan dengan petai  ...amboi..ini hanya suami yg cinta :D. Resep di ambil dari buku " 100 resep sambal goreng yg paling di gemari", tetapi pada dasarnya sama seperti yg di kerjakan oleh mbah putri dan bahkan kalian di rumah. Dan kali ini sy hanya menggunakan sedikit santan untuk  hasil akhir yg kering.


Bahan
250 gram hati ayam
100 ml santan.
2 buah kentang ukuran sedang
2 lembar daun salam 
1 buah cabe merah besar iris tipis
 Bumbu halus :
3 buah cabai merah besar
3 siung bawah putih
4 butir bawang merah
1 cm lengkuas
1 buah tomat
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir.

Cara membuat :

* Rebus hati ayam, potong kotak

* Kupas kentang, potong dadu lalu goreng ( sy agak kering )

* Tumis bumbu halus, hingga harus. Lalu tambahkan petai aduk hingga layu. Masukkan hati, aduk rata kemudian cabai merah iris.

* Masukkan santan lalu kecilkan api masak terus hingga santan menyusut. Tambahkan kentang goreng aduk rata sajikan.


You Might Also Like

4 comments

  1. Turut prihatin sama sakitnya anak mbak. Semoga seiring pertambahan umurnya semakin berkurang pula alerginya.

    Menggoda banget sambal gorengnya mbak...pengen comot petenya, hehe

    ReplyDelete
  2. @Hesti...thanks, iya bener... bagian yg tdk sy suka harus ke dokter rutin sebulan sekali. ...suka pete juga :)

    ReplyDelete
  3. blognya keren mbak, makanannya juga enak tuh

    ReplyDelete