Dadar jagung

Wednesday, April 04, 2012


Makanan pendamping menu utama atau yg sering di masukkan kedalam jenis lauk pauk  ini, adalah favorit , kesukaan sy banged-banged sejak duduk di bangku SD. Apalagi jika di padu dengan sayur bening bayam plus sambal penyet tempe daun kemangi wow....fantastic!.
Apalagi dadar jagung dan sayur bening bayam yg di bikin almarhum nenek. Ada satu di antara banyak kenangan indah tentang nenek yg melekat sampai sekarang. Apalagi sekarang di saat sy benar-benar  menyukai  dunia dapur dengan segala  pernak perniknya.
Beliau tidak mau menggunakan blender, sebab hasil masakannya bau mesin aha...."Nek...itu tidak sy lakukan sekarang "....:).  Dengan alasan kemajuan teknologi dan kepraktisan bekerja hehe.

Meng copy resep nenek , dadar jagung kesukaan sy ini menggunakan bumbu-bumbu , antara lain bawang merah & putih, cabe merah besar, temu kunci, sedikit daun jeruk. Yg membuat aroma dadar jagung ini istimewa adalah temu kunci nya (fingerroot / chinese ginger), dan ternyata temu kunci yg utk sy lebih familiar digunakan saat membuat sayur bening ini mempunyai manfaat pengobatan, yaitu mengatasi gangguan pencernaan dan daunnya memiliki efek anti racun

Temu kunci digunakan pada masakan daerah Jawa, sy tidak bisa memastikan bagian Jawa mana yg memakai temu kunci ini sebagai bahan pelengkap masakan. Yg jelas di Jawa timur memakainya, terutama untuk sayur bening , dan dadar jagung. Sebab ketika sy pindah ke Jawa bagian barat, dadar jagung dikenal sebagai " Bakwan jagung".... ( Padahal di kampung sy bakwan itu sebutan untuk semangkuk bakso campur :)  ). Dan tidak menggunakan temu kunci, lebih simple seperti yg sy buat kali ini.

Bahan :

2 buah Jagung segar ukuran besar , sisir ( sy kesulitan menemukan istilah nya :D ).
1/2 buah wortel, iris tipis memanjang.
150 gr udang kupas, kerat punggungnya, potong kecil2.
100 gr jagung pipil  , ( sy menggunakan jagung frozen).
5 butir bawang merah.
2 siung bawang putih.
1/4 sdt merica bubuk.
Garam secukupnya.
Gula secukupnya.
1 butir telur.
Tepung terigu ( ditambahkan sampai adonan tidak terlalu encer)
1 tangkai daun bawang iris tipis.
Daun seledri secukupnya.
Cara Membuat :
* Haluskan jagung segar, bawang merah & putih, merica bubuk, garam  dan gula .
* Tambahkan telur lalu aduk rata. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu encer.
* Masukkan  wortel , udang, daun bawang dan seledri. Aduk rata kemudian goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.Sajikan hangat .

You Might Also Like

0 comments