Chicken katsu

Monday, October 22, 2012


Pertama kali membuat chicken katsu yg teringat adalah chicken nugget , makanan  kesukaan dua putri sy. Chicken katsu atau Japanese style fried chicken ini ternyata mudah sekali membuat nya, bahkan lebih simple dari membuat chicken nugget. Resep  sy temukan di tumpukan koleksi buku resep adik ipar , pertama melihat penampakan di gambarnya yg terbayang  adalah rasa yg renyah dan gurih .  Seperti kebanyakan Chinese food, yg menggunakan bawang putih dan jahe sebagai bahan utama, chicken katsu pun demikian.
Dan yg membuat penasaran adalah kecap jepang ( shoyu ) , yg menjadi salah satu bahannya. Dari beberapa literatur yg sy temukan shoyu ini disebut juga sebagi kecap asin , di buat melalu proses fermentasi kedelai. Tetapi rasanya berbeda dengan jenis kecap asin yg selama ini sy pakai, tentunya kalian familiar dengan "Kikkoman soy sauce". Shoyu yg ini lebih pekat dan aromanya lebih kuat, pantas saja jika hasil akhir dari dada ayam fillet ini menjadi lain, tentunya fantastik. Dan tidak rugi jika kalian juga mencobanya :).

Buat sy , chicken katsu ini enak di nikmati dengan wortel serut dan kol iris tipis yg di campur dengan mayonaise , tentunya tidak lupa saus sambal :). Mungkin di lain waktu sy akan mencari saus yg biasanya di pakai untuk menyantap ayam ini, "tonkatsu sauce". Btw...sy akan menambahkan sedikit garam di bumbu perendamnya , jika nanti membuat lagi. Untuk trial kali ini sy hanya membuat setengah resep saja.

Bahan :

500 gr fillet dada ayam
1 1/2 sdm shoyu
1/2 sdt merica bubuk
1 cm jahe parut
2 siung bawang putih haluskan. ( sy parut sekalian )
100 gr tepung roti putih kasar
Minyak goreng.

Pelapis kering
Campur jadi satu :
100 gr tepung terigu
2 sdt kaldu bubuk.

Pelapis basah
Kocok rata :
2 butir telur
1 sdm susu cair

Cara membuat :

* Lumuri potongan ayam dengan shoyu, merica , jahe dan bawang putih hingga rata, simpan dalam lemari es selam kurang lebih 1 jam hingga bumbu meresap.

* Tiriskan ayam dari bumbu perendam, ambil satu potong ayam gulingkan ke dalam pelapis kering, kemudian celupkan kedalam pelapis basah. Lalu gulingkan ke dalam tepung roti.

* Panaskan minyak goreng ( agak banyak), masukkan potongan ayam  lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan dan matang. Angkat tiriskan biarkan dingin.

* Masukkan chicken katsu kedalam kemasan plastik. Saat akan di sajikan  goreng kembali hingga kecoklatan .






You Might Also Like

0 comments