Frozen blackbery fool

Friday, September 28, 2012


Sebetulnya jika bukan karena rasa ingin tahu, gak banget mencoba resep yg di googling salah satu penikmat baking di rumah. Seperti harga gadget realnya  di outlet2 mobile yg mulai menjamur di Doha, buah yg satu ini cukup mahal. Yah..blackberry..! si hitam manis yg unik bentuknya tetapi asam sekali rasanya :).  Sy sendiri belum mencari literature atau alasan kenapa balckberry lebih mahal di banding dengan buah yg sejenis bentuknya, misal raspberry , blueberry, red currant .
"Frozen blackbery fool".....tadinya sy ragu untuk menambahkan kata "fool" di akhir judulnya , karena arti kata aslinya :). Ternyata kata  "fool" di sini me "refer" pada  "old-fashioned dessert" , yg bahannya ( buah ,khusunya ) di hancurkan kemudian di campur dengan milk, cream atau custrad.

Jenis dessert yg di copy dari E-magazine ( BBC good food magazine) ini, hasil akhirnya mirip dengan ice cream. Double cream yg di pakai  membuat smooth tekstur nya, hanya saja hasilnya asam karena penambahan lemon juice sedang  blacberry sendiri sudah asam rasanya. Walau sebetulnya double cream yg creamy dan cukup thick konsentrasinya sudah mengurangi  kadar asamnya, tetapi tetap tidak bisa menyembunyikan fakta bahwa rasanya masih asam :).  Tentunya dua krucil penikmat baking yg chocholate lover itu hanya mencoba beberapa sendok..."kecil" saja haha. Untuk teman2 yg suka rasa asam tidak ada salahnya mencoba resep ini , oh ya tambahkan shortbread biscuit untuk sentuhan akhirnya. Jika bukan karena alasan putri sy yg tidak suka, boleh juga sekali2 membuat lagi karena memang mudah sekali proses pembuatannya.




Bahan :
300 gr blackberry ( fresh blackberry)
1 buah lemon ambil airnya
85 gr golden castor sugar ( sy ordinary castor sugar)
300 ml double cream
shorbread
Cara membuat :
* Hancurkan sebagian blacberry dengan air lemon, campur dengan setengah porsi gula castor.
* Kocok double cream bersama sisa gula sampai kental.
* Campurkan blacberry dengan double cream hingga berwarna jingga/ ungu muda. Simpan dalam freezer hingga beku lalu sajikan dengan biscuit shortbread.






You Might Also Like

2 comments

  1. Mat siang...mbak Asri...kayak ice cream ya...pasti my hubby suka banget ni...mohon share resepnya ya..mekasih.

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi Rahel :)....dengan senang hati silakan di coba .

    ReplyDelete