Dadar gulung

Sunday, March 25, 2012


Em..setelah bloeder cake yg tidak cantik kemarin, kali ini dadar gulung :(.    Setiap kali mau membuat jajan pasar sebetulnya ragu tapi penasaran . Resep jajan pasar di bawah ini adalah trial pertama, penuh optimis membuat dengan berkata dalam hati........ " Masa yg kali ini gagal lagi ...? " .
Ternyata masih dalam fase membuat isinya saja sudah gagal :)).   Seperti biasa jika mencoba resep baru sy selalu otentik dengan buku resep.   Isinya jadi lengket menyerupai gulali atau kembang gula, aih..mana bisa begitu, kelapa parut tinggal setengah resep. Sambil bertelepon akhirnya membuat lagi, dan bukan ukuran resep, lumayan lah.

Fase kedua adalah membuat kulit, teryata terlalu hijau aha!...pertanda buruk, masih berkata dalam hati. Setelah di tuang di penggorengan ternyata betul!. Tidak seperti di buku resep, hasil kulit sy mulus seperti kulit risoles. Helpppp...me please....!!!!

Dua hari kemudian membuat lagi dengan resep yg sama, tetapi di encerkan adonan kulitnya..pfff hasilnya masih sama. Akhirnya googling di resep NCC, alamak ternyata hasilnya tetap sama juga . Kulit tidak berpori dan jika dingin kulitnya sedikit keras. Oh!...finaly give up!....see for the next trial huaaa...


Bahan :
2 butir telur
250 gr tepung terigu
375 cc santan
50 cc air daun suji ( 20 lembar daun suji tumbuk)...
( sy menggunakan air yg di dtambah pasta pandan )
1/2 sdt garam
minyak goreng secukupnya.

Isi :
1/2 butir kelapa parut agak muda
150 gr gula jawa, sisir halaus
2 lembar daun pandan.
100 cc air.

Cara membuat :
Kulit :
* Kocok telur hingga berbuih, masukkan terigu, kocok dengan kecepatan rendah.

* Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk lalu tambahkan air daun suji dan garam. Aduk rata.

* Siapkan wajan dan olesi dengan minyak. 

* Tuang 2 sdm adonan, bentuk dadar tipis. Angkat, ulangi sampai adonan habis.

Isi :
* Masak semua bahan dengan api kecil hingga mengering, angkat dan sisihkan . ( sy lebih memilih tidak terlalu kering agar tidak seperti kembang gula :D ).

Penyelesaian : Ambil selembar kulit. tambahkan isi , lipat dan gulung.

You Might Also Like

3 comments

  1. Mat siang mba Asri..kangen deh ama dadar gulung..uda lama nggak bikin...cantek skali fhotonya dan cara menghidangkan dadar gulung...oh ya...piringnya terbuat dari tempurung apa batang kelapa ya?..cantik dan unik skali..

    Menurut Rahel,klu kepingin dadarnya berpori sebaiknya oles wajan/non-stick pan dengan margarin/minyak tapi klu nggak mau dadar berpori wajannya dioles margarin/minyak hanya pada waktu masak dadar yg pertama kemudian yg seterusnya nggak usah usah dioles lg...hehe..maaf ya..banyak komentar ni..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Selamat sore Rahel :)...ah telat kali me reply nya. Piring kurang tau persis dari kayu apa. Thank buat complimentary dan tips membuat dadar gulung. nanti pengen coba2 lagi

    ReplyDelete