Soes and ice cream

Sunday, October 23, 2011

Membuat kue sus adalah sesuatu yg istimewa buat sy, ada kenangan manis di dalamnya ehem! :). Selalu tertantang mencoba variasi resep kue yg satu ini , membuat sy tidak ragu mengambil buku yg berada di antara banyak buku2 resep yg di jual di gerai Gramedia liburan Juli kemarin, " Rahasia membuat Kue Sus" oleh Diah Sujani Ananto .
Dari  beberapa literatur yg sy   baca  menyatakan kue ini  berasal dari Perancis choux ( pronounced shoo ) , ditemukan pd th 1540 oleh seorang chef , chef Panterelli, wow berarti sudah panjang juga perjalanan kue ini .
Di negeri kita kue ini sudah sangat familiar sehingga bisa di jumpai dari pasar tradisional sampai hotel berbintang lima :). Kue sus sendiri dalam bahasa Belanda di sebut Soes, kue bundar berongga yg di isi dengan fla, custard  atau daging. Ada beberapa variasi kue sus seperti  eclair, paris breast, dan croquembouche ( kue sus yg di susun hingga tinggi, di isi vla dan di hias caramel ) , utk yg terakhir langsung mencuat pertanyaan bisa di coba gak ya :D.

Tekstur sus dari resep ini agak sedikit tebal dengan rasa manis yg light , berebeda dengan sus2 sebelumnya yg pernah sy coba. Pas banget dengan vla yg memang sudah ada di resepnya, di sebut di dlm buku resep itu sebagai vla klasik , mungkin karena bahan dasarnya. Oh ya ada sedikit penambahan baking powder, yg ini bener baru buat sy , karena dari beberapa buku yg ada di rumah ,  resep kue sus tidak menggunakan bahan tsb. Sy wonder fungsinya, sebagai pengembangkah karena sus tanpa BP pun sudah mengembang ...anyway secara keseluruhan sus ini tidak mengecewakan believe me :).
Kali ini sus di sajikan dengan ice cream strawberry di tambah buah cerry sebagai garnish ehemm...yummy juga .


Bahan :
250 ml air.
100 gr margarin/mentega.
1/2 sdt garam.
1sdm gula pasir.
150 gr tepung terigu.
4 butir telur.
1/2 sdt baking powder.

Vla :
500 ml susu cair.
2 kuning telur.
20 gr tepung maizena.
1/2 sdt vanili bubuk / 1 sdt essence vanilla.
20 gr tepung terigu.
100 gr gula pasir.
1 sdm margarin/ mentega

Cara membuat :
* Didihkan air, margarin gula pasir dan garam  sampai gula larut. Kecilkan api, masukkan tepung terigu aduk hingga kalis. Angkat dan dinginkan.

* Masukkan telur satu persatu sambil terus di aduk / di kocok jika menggunakan mixer ( lebih dianjurkan menggunakan mixer,  jika memungkinkan :) ).


* Masukkan adonan kedalam kantong plastik segitiga dengan spluit bintang. Semprotkan di atas loyang yg sudah di oles dengan margarin. ( mengoles margarin tidak terlalu tebal ataupun tipis )

* Panggang di oven yg sudah di panaskan dengan suhu 200'C , panggang kurang lebih 40 menit atau sampai kuning kecoklatan.


Vla :
* Ambil 50 ml, campur dengan kuning telur, tepung maizena, tepung  terigu, dan vanilla . Aduk rata sishkan.

* Panaskan sisa susu dan gula pasir sambil diaduk hingga mendidih.

* Tambahkan larutan susu dan aduk cepat di atas api kecil selama 5 menit sampai adonan meletup. Angkat lalu tambahkan margarin sambil di aduk hingga licin.

Penyelesaian : Belah sus , dengan bantuan plastik segitiga tambahkan vla yg sudah dingin. Sajikan.

You Might Also Like

2 comments

  1. sendoknya lucuuuuu
    dirimu propsnya bagus2 loh... dan fotonya juga bagus!

    btw as, kok waktu di indo gak kasih kabar lagi? tau-tau udah pulang ajah

    ReplyDelete
  2. mb Sefa makasih sudah mampir :)...maaf yg kemaren itu di luar perkiraan..pas di Jkt agak susah ngatur waktunya. posisi dimana sekarang

    ReplyDelete