Lupis

Thursday, January 13, 2011

Jajanan pasar adalah tantangan tersendiri buat sy...ternyata tidak mudah walaupun banyak teman yg berhasil dan sukses membuatnya. Sampai sekarang pun tidak berani mencoba membuat bolu kukus :D, terkena trauma berkepanjangan akibat tiga kali gagal membuat bolkus yg megar dan tertawa ceria :).

Begitu juga dengan lupis yg sepertinya urgent di buat karena seorang sahabat memberi daun pisang yg teramat cantik dan sayang utk dilewatkan. Ini lupis kali ke tiga , setelah yg pertama terbuka semua bungkusnya, jadi isi panci seperti bubur. Yg kedua ada yg terbuka ada yg utuh cuma teksturnya ada yg lembek ada yg sedikit bagus ;)) tetapi rasanya hambar, karena di resep nya tidak tertera garam ditambahkan.

Malam itu terpaksa membuatnya karena daun yg hampir busuk wow....sayang sekali. Setelah browsing sana sini rupanya ada satu resep yg sepertinya masuk akal , di sini, :D. Akhirnya berhasil walau tdk memuaskan karena ada beberapa lupis yg masih keras aka masih mentah , setelah di baca kembali resepnya ternyata ada step yg terlewat , beras tidak di kukus terlebih dahulu , mamamia selalu saja terulang hehehe.

lupis


Ingredients :

200 gram beras ketan putih
1 sdm air kapur sirih
1 sdt garam
daun pisang

Kinca :
200 gram gula merah, sisir
50 gram gula pasir ( sy tidak memakai gula pasir )
400 ml air
3 lembar daun pandan, potong-potong

Taburan : campur jadi satu dan kukus
1/2 butir kelapa, buang kulit ari, parut memanjang
1/2 sdt garam

Directions :

*Lupis: Rendam beras ketan kurang lebih 1 jam ( karena menggunakan beras ketan Thailand tidak memerlukan waktu yg lama utk merendam )

*Tiriskan, kemudian tambahkan 1 sdm air kapur sirih dan 1 sdt garam aduk hingga rata .

* Kukus dalam dandang hingga setengah matang, angkat.

*Ambil selembar daun pisang, buat contong, masukkan beras ketan hingga penuh. Tutup dan bungkus bentuk segitiga, ikat dengan tali erat-erat supaya daun tidak sobek sewaktu direbus. Lakukan langkah yang sama untuk semua sisa bahan.

* rebus beras ketan ke dalam panci yg sudah di campur dengan sedikit garam hingga bungkusan terendam semua. Masak hingga matang kuranglebih 4 jam ( sy hanya kurang lebih 2,5 jam ).

* Setelah matang angkat dan tiriskan, biarkan dingin.

*Kinca: Masukkan gula merah, gula pasir, air dan daun pandan dalam panci. Masak hingga larut dan mengental.

* Sajikan lupis beserta kelapa parut dan kinca

You Might Also Like

0 comments