Chai cupcakes

Monday, January 14, 2013


Masih kelanjutan dari cupcakes , tetap sama , hasil baking tahun kemarin :D. Susahnya menjadi orang yg selalu bisa menjalankan komitmen ahaa. Sekali berhenti menulis, memulainya lagi akan susah dan ini betul terjadi . Btw masih juga sama dengan cupcake sebelumnya yg ini juga di ambil dari buku resep " best cupcake recipes".

Chai cupcakes ini salah satu bahannya adalah chai tea, sy menggunakan yg kemasan. Penambahan bubuk cardamon ( kapulaga bubuk ) dan allspice ( merica jamaika) membuat cupcake ini eksotik dalam rasa . Tentunya ini cocok untuk teman2 yg suka dengan rempah rempah seperti saya. Oooo..sy tidak bisa mendeskripsikan dengan kata, begitu cintanya sy dengan rempah rempah :).
Masih tetap sama  , cuppies ini hanya menggunakan putih telur, dan caramel frosting memang cocok untuk sentuhan akhirnya. Percayalah...menikmati chai cupcake dengan segalas chai tea tanpa gula adalah "heavenly " :).


Bahan :
1 cup all purpose flour
1/2 tsp baking powder
1/4 tsp baking soda
1/2 tsp cardamon /kapulaga bubuk
1/4 tsp allspice bubuk
garam
1 chai spice kemasan ( blender di coffee grinder )
3/4 cup gula
1/4 cup unsalted butter , suhu ruang
2 butir putih telur
1/2 tsp vanila
2/3 cup butter milk
Caramel frosting.

Cara membuat :

* Dalam mangkuk aduk rata bahan kering: all purpose flour , baking powder, baking soda, cardamon, allspice , garam dan chai tea .Sisihkan.

* Dengan menggunakan mixer kocok gula dan butter hingga tercampur rata. Tambahkan telur satu persatu sambil tetap di kocok hingga tercampur rata, lalu tambahkan vanilla . ( sy asumsikan ini vanilla ekstrak ).

* Turunkan kecepatan mixer ,masukkan campuran bahan kering sedikit demi sedikit hingga habis lalu kocok hingga lembut.

* Tuang ke dalam cetakan , panggang dalam oven 180' hingga matang, dinginkan.

Caramel Frosting :
1 cup whipping cream ( 35 %)
1/2 cup light brown sugar
1/4 cup light corn syrup
1 tbs unsalted butter
1/4 salt

Cara membuat :

*  Panaskan semua bahan-bahan caramel frosting, dengan menggunakan api sedang aduk kira-kira 2 menit sampai gula larut dan butter meleleh.

* Kecilkan api, sambil tetap di aduk hingga 10-15 menit hingga mengental. Angkat dan aduk hingga lembut pindahkan ke dalam mangkuk lalu dinginkan. Siap untuk di gunakan sbg frosting cupcakes.

You Might Also Like

4 comments

  1. @ Hesti...terimakasih abisss !! :)

    ReplyDelete
  2. iya..ngak tahan lihat lama2...frosting karamelnya mengancam banget...pastinya enak sampai menjilat jari....

    ReplyDelete
  3. Rahel, frosting karamel yg ini memang enak :) , thanks

    ReplyDelete