Lapis Singkong

Wednesday, May 16, 2012


Setelah lama cuma di bayangkan , akhir nya di buat juga lapis singkong ini. Jenis makanan tradisional yg sudah lama sy kenal , sepertinya sejak sy duduk di bangku SD  , kebetulan  tetangga memang menjual aneka kue-kue  tradisional.  Ternyata sejak proses kehamilan yg pertama hingga sekarang sy menjadi  singkong maniak :D.
Singkong ( cassava) adalah jenis makanan yg merakyat dan murah meriah. Ah ..sy jadi ingat sebuah lagu lama "aku ini anak singkong", kenapa ya singkong kok identik dengan sesuatu yg kampungan?. Tidak selalu bukan...?. :). Saat ini singkong bisa menjelma menjadi makanan yg cantik dan menarik untuk di pasarkan , bentuknya pun bervariasi dari singkong goreng sampai singkong keju.

Kali ini untuk membuat lapis singkong selain googling di beberapa resep sy juga sengaja menelpon beberapa kawan dekat. Mungkin sugesti membuat snack tadisional selalu gagal sudah melekat :)). Sudah di pastikan salah satu teman mentertawakan sy  LOL, dan berujar aneh. Jika yg lain di bayangi takut gagal karena baking  ,sy malah sebaliknya :D. Btw tapi memang benar sy gagal membuat untuk pertama kalinya ....:)). Untuk bahan dasar singkong resep ini sy memakai singkong potong yg frozen , tetapi karena setelah di blender dengan setengah takaran air ternyata teksturnya lembek. Akhirnya sy memutuskan utk menggunakan setengahnya  saja, alhasil setelah matang dan dingin ternyata keras :)). Just for info singkong yg di gambar inilah yg keras....:P.
Setelah mencoba utk ketiga kalinya hehehe...baru ketahuan bagaimana harus menghandle lapis ini alamakkk.. Tetapi buat sy hasil akhirnya cukup menebus kegagalan yg sampai dua kali itu , lapis singkong ketiga teksturnya lembut rasanya manis dan aroma singkongnya  membuat sy semakin suka :). Satu lagi , ternyata perpaduan pasta pandan dan strawberry yg di pakai memberi sensasi aroma  tersendiri, percayalah :).
Note :..." thanks..mb Nani utk resepnya ".


Bahan:

1 bungkus singkong frozen ( 800 gr ).
1 bungkus agar-agar powder.
300 ml santan
150 gr gula pasir ( bisa di kurangi sesuai selera )
Garam secukupnya.
Kelapa Parut , kukus hingga matang.


Cara Membuat :
* Panaskan kukusan
*  Blender singkong frozen , gula pasir , garam dan santan hingga menjadi adonan lembut.

* Pindahkan ke dalam wadah, tambahkan agar-agar bubuk aduk rata. 

* Bagi menjadi 2 porsi, tambahkan pasta pandan dan strawberry . aduk hingga rata.

* Tuang satu porsi adonan ( warna hijau ) ke dalam loyang yg sudah di olesi minyak goreng, kukus hingga kurang lebih 10 menit.

* Angkat , dan tuang sisa adonan di atas adonan hijau tadi. Kukus lagi hingga matang.

* Setelah matang dinginkan, lalu iris dan taburi dengan kelapa parut .


You Might Also Like

2 comments

  1. Waw..pastinya enak banget..Rahel juga suka ama kuih lapis singkong..enak dan legit..

    ReplyDelete
  2. hallo Rahel, apa kabar..iya bener memang enak dan legit. Makasih Rahel.

    ReplyDelete