Tahu telor

Monday, November 21, 2011


Jenis makanan ini mengingatkan pada masa yg manis...aih semua yg di buat sekarang selalu terkait dengan masa lalu , ketika semua serba sudah tersaji di meja dan kami tinggal menikmati. Sekarang sy begitu menikmati suasana di dapur, tempat dimana  imaginasi dan ide selalu muncul :).
Begitu juga dengan 'Tahu telor' ini , nenek sering membuat makanan ini terutama di sore hari menjelang makan malam. Ah ..jika ingat sosok itu  jadi rindu sekali....

Kembali ke tahu telor yg memang sudah sering di bikin terutama untuk sarapan, ternyata di dalamya ada sedikit petis di pakai..., sempat melihat proses membuatnya waktu ada festival makanan daerah  yg di helat oleh perusahaan kecap ternama di Indonesia " Kecap bango" , tepatnya di Malang Agustus kemarin.
Meski sy asli dari Jawa timur, tetapi kurang suka  hmmm ternyata petis ini adalah bahan pangan khas  Jatim karena begitu sy pindah ke Jakarta ternyata mencari rujak petis susah sekali :)
 Petis yg terbuat dari udang , (udang yg berukuran besar, jika ukurannya kecil di olah menjadi terasi/belacan ) sebetulnya bisa di buat sendiri, em...tp lebih baik beli jadi haha. 
Petis memberi tambahan rasa dan aroma yg khas. Sebelumnya sy membuat masakan ini tanpa petis, tetapi sudah beberapa kali di coba dan ditambahkan sedikit saja , kurang lebih seujung sendok teh untuk 2 sendok makan kacang tanah goreng. Ternyata rasanya sedikit berbeda dan yum. Btw untuk tahu kali ini sy goreng setengah matang dulu sebelum di campur dengan kocokan telur untuk mendapatkan bentuk tahu yg masih cantik setelah di goreng, jika tahunya mentah sering hancur .


Bahan :
Tahu putih , iris kotak sesuai dengan  selera.
4 butir telor
Merica bubuk
Garam
Daun bawang iris
Kecambah
Acar timun 

Saus kacang :
3 sdm kacang tanah goreng
1/2 sdt petis
2 siung bawang putih , goreng setengah matang
Kecap manis.
1sdt cuka

Cara Membuat :

* Goreng tahu setengah matang, sisihkan.

* Kocok telur , tambahkan garam , merica bubuk, dan daun bawang iris aduk rata. Kemudian tambahkan tahu goreng.

* Panaskan penggorengan ( sy menggunakan pan berdiameter 20cm dengan minyak agak banyak ) , tuang adonan telur, goreng sampai matang dan kecoklatan.

Saus Kacang : 

* Haluskan kacang goreng beserta bawang putih, tambahkan petis  dan sedikit air panas aduk rata.

* Tambahkan kecap manis dan cuka .

Penyelesaian :
Dalam piring letakkan satu buah telor goreng, tambahkan toge lalu siram dengan saus kacang dan taburi bawang merah  goreng. sajikan dengan acar timun.



You Might Also Like

0 comments