Strawberry chiffon cake ......" 29032011"

Sunday, April 03, 2011

Ingin rasanya  mendengar berulang2 percakapan di ruang dokter internist selasa 29 Maret  , minggu kemarin. Setelah dinyatakan  kena hyperthyroid January silam, sepertinya hari2 bakalan panjang dan penuh penantian. Bagaimana tidak selain harus rutin blood test, obat yg di minumpun harus setiap hari. Jadi rajin membuka google :), bertanya sana sini seputar gangguan hormon ini. Beberapa teman bahkan teman dekat ibu sy mempunyai jenis sakit yg sudah 2 dokter bilang tidak diketahui penyebab dan pemicunya :). Dan jawaban mereka cukup membuat sy risau , jika tidak operasi kemudian di lanjutkan radiasi pilihan terburuk adalah minum obat se umur hidup oh my!. Sebuah pilihan yg tidak bisa di pilih.

Hari2 pertama menjalaninya adalah sebuah tantangan buat diri sendiri, hal terberat adalah membangkitkan semangat dlm diri , karena tidak bisa di pungkiri ada yg lain dalam tubuh kita, belum lagi efek yg menyertai seperti mudah lelah, kadang sesak napas bahkan obat yg di minumpun mempunyai efek samping yg membuat kita pusing . dizzy nya bisa terjadi kapan saja tidak mengenal tempat dan waktu :D.
Pernah suatu hari sedang belanja sendiri, tiba2 kliyengan ( pusing )...tidak ada dalam pikiran sy selain mencari tempat yg cocok utk duduk di sekitar supermarket yg untungnya cukup familiar para staff nya , karena sangking sering berkunjung tentunya :)
Setelah satu bulan berlalu test darah kedua pun di jalani, hasilnya sungguh mengejutkan setelah hyper menjadi hypo ( kekurangan ) alhasil dosis obat di kurangi. Tentunya tubuh langsung meng adjust pengurangan takaran obat ini...hari pertama pusing sekali..  Di  satu hari  bahkan sempat napas sy melemah, karena energi serasa menguap dari dalam tubuh :)...sampai menangis  melihat 2 putri sy yg sedang belajar...ternyata masih ada pagi buat sy Alhamdulillah. Begitulah keseharian , ditemani dengan kondisi up and down :).


an apple & a glass of fresh laban


Hypothyroid ini mempunyai symptoms yg berlawanan dengan hyper.  Setelah di google di sini , sy menyatakan perang terhadap diri sendiri. Berusaha melawan semua gejala yg tertulis, dari yg tidak suka makan apple, jadi rajin sehari sekali. Lebih banyak minum air dan terpaksa :)...rajin juga minum laban , kenapa harus menunggu sakit dulu yaaa ???? ... :) ,  karena salah satu gejala menyebutkan akan terjadi constipation atau susah buang air besar. Dan beberapa gejala yg jika kita tidak melakukan bood test, kita sendiri tidak akan tau jika kita sudah mempunyai kelainan dalam  hormon. Memang benar orang tua bilang semua kejadian selalu ada hikmah yg akan di dapatkan :)

Dan ternyata mukjijat itu betul2 datang, hari itu adalah blood test yg ke 4 termasuk ultrasound ke 2 , semoga  yg terakhir .
  " you' re normal now! ", " your result are good"  kalimat singkat , dengan nada suara yg selalu datar itu terucap dr dokter internist yg menangani sy . Wow rasanya tidak terkira, sepertinya ada yg istimewa  datang melengkapi perjalanan hidup sy yg hampir memasuki bilangan 4 tahun depan :). Nasihat dan doa2 dari orang tercinta memang terbukti sekarang " Thank you so much to everyone ".
Yg  lebih menakjubkan ternyata semangat dan positif thinking itu mempunyai efek yg luar biasa! Meski sebetulnya belum sepenuhnya  terlepas dr thyroid ini, karena masih akan di pantau sampai 6 bulan. Paling tidak ada sesuatu yg membuat sy bahagia dan menambah semangat dalam diri.
" Morning battle with her self, and she should  be the winner...forever ".....itu kalimat yg ada di kepala  ketika suatu pagi merupakan pagi terburuk di sepanjang hari treatment , di saat seisi rumah sudah pergi tiba2 sy kehilangan energi dan hampir jatuh . Sepertinya kalimat itu akan selalu ada  ketika down datang menyapa dalam bentuk apapun :)




Strawberry chiffon cake, dibuat dengan cinta dan  abundant passion of baking :) , menjadi saksi bisu kebahagian sy Selasa 29032011. Have a great day to all beloved friends !.



Ingredients :
6 putih telur
1/2 sdt cream of tartar
150 gr gula pasir halus
6 kuning telur
150 gr gulapasir halus
260 gr tepung terigu bergluten rendah ( sy all purpose )
1 1/2 sdt baking powder ( ayak tepung bersama baking powder )
120 cc minyaksayur25 cc air
100 gr strawberry haluskan
2 tetes pewarna merah muda  ( sy menggunakan produk wilton sehingga memerlukan sedikit saja :) )
1/4 sdt garam

Directions :
*Kocok semua bahan ( kecuali putih telur, cream of tartar, 150 gr gula pasir ) dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata kurleb 5 menit , sisihkan.

* Kocok putih telur, cream of tartar hingga berbusa masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus di kocok, hingga mencapai soft peak.

* Campurkan adonan ke dalam kocokan putih telur sedikit2 dan di aduk perlahan hingga tercampur rata.

* Tuang ke dalam loyang chiffon . ( loyang tidak di oles dengan apapun )

* Oven 160 degrees C, selama 65 -75 menit.

strawberry chiffon cake

You Might Also Like

5 comments

  1. hoping that everything gonna be alright
    * keep the HOPE

    semoga lord Allah memberi yg terbaik as :)

    ReplyDelete
  2. Jeng Ira...matur nuwun dungone :)

    ReplyDelete
  3. the cake looks amazing! I'm a huge fan of chiffon cakes. The pink makes the whole cake just come to life!

    ReplyDelete
  4. thank you for visiting and your compliment.

    ReplyDelete
  5. masa kalah sih ama penyakit.. ga mungkin ajah ahhh.. keep on positive thinking dear.. *hugh*

    ReplyDelete