Nasi Kuning dan mendung :)

Thursday, March 24, 2011

Seminggu yg lalu Doha di naungi cuaca yg sangat tidak bersahabat, angin dan pasir atau sandstorm . Hal ini memang sudah biasa terjadi , tetapi bedanya tidak seminggu full seperti kemarin . Dan hari ini sudah mulai membaik, matahari bersinar cerah walau nanti di bulan  July akan berubah menjadi ganas karena suhu udara bisa mencapai 50 ' derajat celsius .

Sebetulnya apa hubungan nya dengan nasi kuning :D. Ada tentunya.....karena disaat kita ingin mengambil  photo  cuaca yg kondusif tentunya sangat membantu. Apalagi di rumah yg sekarang sumber sinar dalam hal ini jendela tidak sesuai dengan yg sy inginkan :). Diperlukan effort yg lebih utk sekedar menjepret makanan, meski makanan jenis yg paling sederhanapun. Tentunya  menyerah bukanlah suatu hal yg ada pada diri sy, tertutama utk yg satu ini.

Jadi apa yg harus sy lakukan jika sinar matahari adalah patner utama dalam jepret jepret :), selalu melihat ramalan cuaca di layar komputer hehe...itu saja masih beberapa kali salah lihat, seperti kejadian Jumat kemarin , ternyata gambar di pojok bawah menunjukkan matahari yg tertutup awan huaaa....nasi kuning sudah di siapkan , jadi ingat  jumat minggu lalunya yg juga gagal karena bukan saja berawan tetapi gelap :D. Kali ini terjadi lagi, dengan sisa2 sinar matahari yg semakin redup mampir di jendela , tetap saja menyelesaikan setting meja hari ini , ternyata memang hasilnya tidak memuaskan hahaha...., wow bukan saja kecewa sempat merusak suasana hati :).

Kembali ke taste nasi kuning yg  memang sudah biasa sy bikin ini, terutama di hari2 libur seperti akhir pekan, seisi rumah ini menyukainya :D, terutama dua gadis penyemangat hidup. Apalagi yg kecil duh...lahap  sekali makannya , nasi kuning di rumah kami biasanya  di sajikan bersama  ayam goreng , perkedel kentang dan telor dadar suwir ketiga jenis lauk itu adalah kesukaan penikmat baking ;).
Resepnya dari sini ...thanks mb Atli...sumber inspirasi :)


ingredients



nasi kuning / yellow rice



_ASR7645


Ingredients :
600 gr beras pulen  cuci bersih
400 gr  beras ketan  ( dua bahan beras tadi langsung sy cuci dan di tirikan tanpa di rendam )
1 liter santan dr 1/2 butir kelapa
1 sdm peres kunyit bubuk
2 lembar daun pandan
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 batang serai ambil bagian putihnya memarkan
2 buah jeruk nipis ambil airnya ( sy hanya 1/2 dari 1 jeruk nipis ukuran besar )
1 sdm garam

Directions :
* Campur kedua jenis beras kukus sampai 1/2 matang.

* Masukkan sisa bahan dalm panci lalu didihkan .

* Tuang nasike dalam panci ,aduk2 sampai  santa terserap habis.

* Pindahkan ke dalam kukusan yg telah mendidih airnya, kukus hingga matang.










You Might Also Like

2 comments

  1. cakep foto kho Asri biar mendung juga....saya belum pernah ngerasa nasi kuning yang dicampur beras ketan abisnya kalo di Bdg, nasi kuning biasanya cuma beras doang..:)

    ReplyDelete
  2. Thanks mb Rossy...bisa di coba mb enak kok :)

    ReplyDelete