Puding Batik dan Mengejar moment

Thursday, June 04, 2009



Dari berbagai macam puding, puding batik yg sy copy dr resep femina ( lupa tanggal terbitnya karena resep ini sudah tersimpan lama di buku resep sy ) , adalah resep terfavorit di keluarga sy, semua suka :)

Rabu 3 mei , tepatnya kemarin pas ada acara pengajian di perumahan tempat tinggal sy, tetapi yg jadi tuan rumahnya tante tetangga dan puding batik menjadi pilihan , selain memang sudah lama tidak membuat puding yg satu ini. Ada kejadian yg membuat sy malu jika mengingatnya.

Pagi itu, jam sudah menunjukkan 7 pagi, acara di mulai pukul 9.30. Setelah suami dan putri pertama sy berangkat, yg satu kerja satunya lagi ke sekolah. Segera sy masuk dapur utk melanjutkan membuat vla puding yg sudah sy buat malamnya. Tetapi seperti biasa ada acara mondar mandir dr dapur ke depan pc :D. Wah pagi itu tumben2 nya ada 3 teman yg sekaligus ber ym ria dengan sy, dilema jadinya , tugas dapur ato chit chat dengan teman yg kebetulan juga sudah lama tidak ber buzz buzz ria. Ah sudahlah sebentar saja.

Tak.. tik..tak...tik...tanpa terasa 30 menit berlalu, wah 10 menit lagi deh. Kali ini tidak sambil duduk chit chatnya, sebetulnya sayang sekali. Segera sy berpamitan dan mematikan Pc sy sekalian. Jam dapur menunjukkan 7.30 waow...belum lagi memandikan princess kecil, menyuapin. Dan rencana men jepret si puding yg nantinya akan sy ambil di rumah tante tetangga. "desperate"......maju terus atau membiarkan puding itu berlalu begitu saja. Wah semakin kalap dan menyelesaikan pekerjaan sekenanya. Membangunkan putri sy, cepat2 memandikannya terus menyuapi...walah 8.10 sudah.

Tepat 8.30 sy keluar rumah dengan membawa peralatan yg tertinggal, sebetulnya sy bukan photographer yg di kejar target :D, tetapi cuma seorang ibu2 yg mau mengabadikan hasil karya dapurnya saja. Sepanjang jalan merencanakan di mana bagusnya letak si puding as tempat kejadian perkara :) bukan di rumah sy ( ah dasar amatir ), mana baby 28 bulan itu belum bisa berjalan cepat pula.

Tak lama kemudian sy sampai di flat tante tetangga, sy lihat ada 2 pasang sendal wanita sudah di depan pintu...wah bisa nervous nih sy :). Setelah masuk dan sekedar hai2 tanpa basa basi segera sy buka jendela ruang tengah tante tetangga , ke dua ibu2 teman sy bengong dan pembicaraan mereka jadi terputus. Untung tante tetangga ini mengerti,dia segera mengambil puding di dalam refrigerator yg sudah sy titipkan sejak pagi. Tanpa babibu lagi sy setting kamera, sambil melihat posisi sinar yg masuk ( aih....suatu kegilaan yg baru datang pd sy ). Kontan sj dua teman sy pada berkomentar,ah sudahlah yg penting sy happy. Benar juga 30 menit kemudian teman2 yg lain pada berdatangan. dan langsung melihat kejadian di meja makan, melihat tripot yg masih berdiri di depan si puding....wah ku tak tahu apa yg ada dlm pikiran mereka.

Walaupun cuma dapat beberapa gambar , ya sudahlah. Tetapi sy jadi ingat teman baik sy yg memang hobby nya photo2...., sy suka sekali mengatakan dia kurang kerjaan dan kadang seperti orang gila hihihi....ternyata sy merasakannya sekarang. Sy , puding batik sy dan moment meng capture si puding hari itu benar2 membuat sy sadar bahwa sy mulai masuk ke dunia, yg bagi orang lain akan aneh, karena hanya utk sepotong puding saja, sy rela mengejar moment :)



Tetapi rasa puding ini memang yummy di padu dengan vla orange hmmmmm.

Ingredients :

Bahan Larutan putih:

* 750 ml susu cair
* 9 gram agar-agar putih
* 150 gram gula pasir
* 2 kuning telur
* 250 ml krim kental ( sy memakai 125 saja karena ulker thick cream kemasannya 125 ml )

Bahan Larutan coklat:

* 500 ml susu cair
* 120 gram gula pasir
* 5 g agar-agar putih
* 150 g cokelat masak pekat, lelehkan ( sy langsung di campur dengan larutan agar@ )
* 2 kuning telur kocok

Bahan Vla:

500 ml air jeruk manis
200 gram gula pasir
3 sendok makan maizena, larutkan dengan
3 sendok makan air

Directions :
Larutan putih

* Masak susu cair, agar-agar, gula pasir, hingga mendidih.
* Kocok kuning telur, tambahkan 1 sendok sayur susucair, aduk rata.
* Tambahkan krim kental. Aduk rata.
* Tuangkan adonan ke dalam panci. Panaskan hingga mendidih. Angkat.
* Biarkan hingga setengah keras.

Larutan Cokelat:

* Masak susu cair, gula pasir, agar-agar, cokelat, hingga mendidih.
* Kocok kuning telur. Tambahkan 1 sendok sayur susu. Aduk rata.
* Tuang kembali ke dalam adonan agar-agar. Aduk ratahingga mendidih. Sisihkan.
* Biarkan hingga setengah keras.

Vla:

* Rebus air jeruk manis, gula pasir, larutan maizena.Aduk rata.
* Ambil 1 sendok sayur susu ke dalam kuning teluraduk rata.
* Masukkan kembali ke adonan susu. Aduk rata hingga mendidih. Angkat. Aduk-aduk.

Penyelesaian:

* Siapkan cetakan segitiga (volume 1500 ml). ( sy menggunakan cetakan bulat tulban )
* Basahi dengan air.
* Tuang adonan putih dan cokelat bergantian, hingga menyerupai batik.
* Bekukan.
* Sajikan puding bersama vla.

You Might Also Like

1 comments

  1. mmmm...mmm, nyam-nyam..., mau donk asri..., uenaakkk...photonya keren euy...:)

    ReplyDelete