Udang Kari Hijau

Friday, May 29, 2009

Dua hari yg lalu sy buka2 buku resep pinjaman milik tante tetangga, kata tambahan ketika sedang meminjam " boleh pinjam agak lama ?"...., sungguh tidak sopan. Tetapi tante tetangga rupanya kurang berminat dengan resep2 di dalam buku tersebut, karena ada beberapa bumbu yg dia anggap aneh hihihii. Paslah sudah, jadi sy bisa menikmati lebih lama , memandang foto2nya agak lama, seperti hobby sy sejak dulu jika melihat foto2 makanan. Masaknya tidak janji , yg penting melihat gambarnya dulu.

Jika sedang bingung, sepertinya hal ini sering terjadi sejak sy tinggal di doha :D, karena sepertinya setiap hari masak nya itu2 melulu. Sy sering membuka resep dari berbagai buku yg sy punya, kadang berakhir dengan tidak masak, karena terlalu lama membuka2 buku resepnya :D.

Dan hari ini pilihan sy jatuh pada buku resep pinjaman tante tetangga, seri masak femina primarasa, buku masak untuk pemula. Setelah membaca2 pilihan sy jatuh pada udang kari hijau, sy pikir dulu kari atau curry identik dengan bumbu masakan yg berasal dr india, ternyata green curry paste di pakai pada masakan thailand as asalnya memang dr sana. Bumbu dasarnya pun ternyata berbeda :) , green curry paste dan madras curry powder.
Pada madras curry powder bahannya lebih banyak rempah2nya seperti jintan, cengkih, kayu manis, ketumbar bay leaves ( sejenis daun salam ) dan masih banyak yg lain , sedang green curry paste terdapat di dalamnya lengkuas, dan serai dan rempahnya tidak selengkap madras curry powder.

Utk resep kali ini karena tiak ada green curry paste seperti yg tertera di buku resep, sy menggantinya dengan madras curry powder, hmmm....mungkin rasanya akan berbeda jika mengunakan bumbu kari hijau. Mungkin lain kali perlu di coba lagi :). Tetapi resep ini rasanya lumayan juga kok.

Ingredients :

* 500 gr udang jerbung ukuran sedang , kupas tinggalkan ekornya, belah punggung udang buang urat hitamnya.
* 50 gr buncis, potong sesuai selera
* 100 gr bawang bombay cincang
* 2 sdm bumbu kari hijau ( green curry paste siap pakai )
* 5 lbr daun jeruk
* 1 1/2 sdm kecap ikan
* 1 sdt gula merah
* 2 sdt air jeruk nipis
* 1 sdm daun ketumbar iris halus utk taburan.

Directions :

* Tumis bawang bombay hingga harum
* Masukkan daun jeruk dan bumbu kari, aduk2 kurleb 2 -3 menit.
* Masukkan santan, aduk2 hingga mendidih
* Tambahkan buncis, biarkan santan mendidih kembali
* Tambahkan udang, kecap ikan, gula, dan air jeruk nipis.
* Masak hingga udang berubah warna, dan seluruh bahan matang , angkat.
* Sajikan dengan di taburi daun ketumbar cincang.

You Might Also Like

1 comments

  1. halo Asri, ternyata kamu punya blog di blogspot jg toh :) makasih ya udah mampir ke blogku di blogsome.

    ReplyDelete