S'more cupcakes

Monday, January 18, 2016

"Ibu...kenapa pisang goreng nya lain ?"
"lain...?
"iya ini gak seperti biasanya"
"oo itu bukan pisang goreng darleng, itu tape goreng"....pengen ketawa.
"oooo....thats why..." dengan wajah polosnya

Selalu ada kejutan dari dua putri saya yg tumbuh menjadi gadis dan si bungsu yg bukan "baby" lagi. Seperti percakapan singkat sore tadi dengan kakak, yg aslinya saya pengen ketawa "ngakak" tetapi selalu saya sembunyikan, menghargai kakak yg sudah berusaha mengenal dan menyukai makanan / camilan tradisional. Dalam hal ini , bukan berarti kakak tidak mau sama sekali .Ada banyak masakan Indonesia yg dia suka.

Hidup merantau jauh dari kampung halaman, menjadikan mereka kadang asing dengan makanan atau sekedar "snack" yg jarang-jarang saya membuatnya.Tapi saya selalu berusaha mengenal kan meski kadang dengan sedikit memaksa :D.

Dan kalau yg datang dari bahan yg tidak jauh2 dari coklat pasti mereka tidak menolak. Saya mencoba resep baru yg diambil dari koleksi buku resep saya, oh ya apakah kalian sama dengan saya yg kadang cukup puas melihat gambar dan membaca resep dan tidak mencobanya ketika benar2 tidak mempunyai waktu luang :)) .


S'more cupcake dari buku resep "Julie Hasson" , "125 best Cupcake recipies ", berisi berbagai macam variasi cupcake. Seperti cake/bolu resep dari luar Indonesia, dalam resep ini juga menggunakan telur dengan jumlah minim "2 butir telur". Saya pribadi suka dengan penggunaan telur sedikit dengan alasan umur :D, tetapi saya tidak menolak lapis surabaya yg telurnya wow...30 butir.

"S'more " menurut sumber yg saya baca, kurang lebihnya adalah snack yg disajikan  dalam acara "api unggun" yg populer di Amerika dan Canada. Berupa sandwich biskuit "graham" yg di isi dengan lapisan coklat dan marshmallow bakar. Demikian juga dengan cupcake ini yg menggunakan marshmallow creme sebagai "felling"nya. Saya "skip" bagian yg ini , karena resep baru saya kurang yakin mereka suka. Tekstur cupcake padat mirip seperti muffin dan berasa sekali coklatnya, bagian yang paling saya suka adalah "glaze"nya.Yang kemudian saya masukkan ke dalam "fridge" beberapa saat kemudian di mixer dan dipakai sebagai topping cupcake.


Bahan :
1 1/4 cups tepung terigu ( all purpose flour ).
   1/2 cup  coklat bubuk ( ayak ).
   3/4 tsp   baking soda.
   1/4 tsp   garam.
      1 cup  gula pasir
   1/3 cup  minyak sayur
      1 butir  telur.
      1 tsp vanilla.
   3/4 cup buttermilk
   1/2 cup semisweet chocholate chips.

Glaze :
  1/2 cup semisweet chocolate , cincang.
   1/3 cup whipping ( 35%) cream.
   ( campurkan kedua bahan lalu panaskan dalam microwave sampai cream panas dan coklat agak  leleh, angkat dan aduk hingga tercampur rata ).

 Cara membuat
  * Campur rata dalam mangkuk sedang , tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan garam.

 * Siapkan mangkuk besar , aduk rata dengan menggunakan "whisk" gula pasir , minyak sayur , telur dan vanilla . Aduk hingga lembut.

 * masukkan campuran tepung secara bergantian dengan buttermilk, aduk sampai lembut. Tambahkan chocolate chips.

* Tuang ke dalam cetakan cupcake yg sudah dialasi dengan "papercups", oven dengan mengunakan suhu 180' selama kurang lebih 30 menit .

* Dinginkan dan hias dengan glaze

    

You Might Also Like

0 comments