Green tea bakpao

Friday, May 06, 2011

Hi...lama juga tidak menulis disini , ada something yg bikin rindu utk sekedar menulis :). Wow ada yg istimewa di minggu kemarin , bakpao impian akhirnya jadi juga haha.... Seperti yg sudah2 jika akan memulai membuat sesuatu  yg mengandung fermentasi pasti ragu. Bakpao inipun sempat berminggu mingu dibaca resepnya dan cuma dinikmati  gambarnya :D.


green tea bakpao


Snack yg jika kita sebut namanya , pastilah bukan berasal dari Negeri terindah :). Bakpao ternyata awalnya di temukan di daratan China Utara, , antara lain Beijing , Tianjin Hebei dan Shanxi. Kota2 tersebut mempunya iklim dingin dan berangin yg ekstrim, sehingga gandum menjadi makanan pokok dan bukan nasi seperti di kawasan yg beriklim ringan . . Penggilingan gandum pertama kali di temukan di wilayah utara ini juga, tidak lah mengherankan jika berbagai jenis mie dan produk pangan berbahan dasar gandum ini di hasilkan dari China utara.
Saat ini pun bakpao menjadi makanan yg populer di Indonesia dengan varian isi yg bermacam-macam , bahkan di pesta2 , snack ini di sajikan dengan ukuran mini atau makanan sekali gigit :).
(nara sumber : di sini  )

Utk sy..hmmm isi kacang hijau adalah favorit disamping isi ayam. Teringat bakpao yg isinya hitam tapi bukan ketam hitam ya....harus di tanya nanti jika pulkam :D. Percobaan pertama membuat bakpo ini , tidaklah sukses, meski rasanya sudah mendekati bakpao, entah jika sudah dingin menjadi keras. Jadi ingat makanan tradisional di kampung halaman  yg dikenal dengan sebutan " kue moho " entah dalam bhs Indonesia yg benar istilahnya apa, yg jelas baunya khas yeast dan keras teksturnya ,  warnanyapun  putih butek :D .

Btw, dua penikmat baking yg mungil2 tidak seberapa suka, jadi suami dan sy yg menghabiskan :)). Resep  sy copy dari buku "Sedap"  berjudul " Kue kue yg laris di jual ". Ini pengalaman pribadi dr coba2 resep di buku tersebut ,  dari dua atau tiga resep yg sudah dicoba  , utk sy kurang memuaskan , bukan berarti buku ini tidak meyakinkan ya...karena ada beberapa buku resep yg sy coba hasil akhirnya  lezat dan cantik.. Mungkin perlu di sedikit di modifikasi sesuai selera. Finally yg membuat sy terpesona dr green tea bakpao ini adalah harum green tea dan filling kacang hijaunya.


_ASR8558

Ingredients :
250 gr tepung terigu protein rendah ( sy all purpose flour)
65 gram tepung tangmien
50 gram gula tepung ( sy :icing sugar )
20 gram susu bubuk
1 sdt greentea bubuk
6 gr  ( 1/2 sendok makan ) ragi instan.
1/2 sdt baking powder
1 putih telur
135 ml air es
30 gram mentega putih ( vegetable shortening...wow..ternyata sy salah karena memakai unsulted butter huuu....)
1/2 sdt garam
Bahan isi:
125 gr kacang hijau kupas ( moog dall ), bilas , tiriskan.
2 lembar daun pandan
100 gr gula pasir
1/8 sdt vanili bubuk
1 sdt tepung ketan
1/4 sdt garam
25 ml santan kental.

Directions :
Isi :
* presto kacang hijau 20 menit sampai empuk dalam 500 ml air, dinginkan.

* Blender kacang hijau dan sisa air rebusan sampai halus, tambahkan daun pandan, gula pasir, vanili bubuk, tepung ketan lalu aduk rata.

* Masak sambil diaduk diatas api kecil sampai matang. Tambahkan garam dan santan kental sambil diaduk sampai kalis, dinginkan

Kulit :
* Campur tepung terigu, tangmien, gula tepung, susu bubuk, greentea bubuk , ragi instan dan baking powder. Aduk rata.

* Tambahkan putih telur dan air es sedikit2 sambil diuleni sampai kalis. Masukkan mentega putih dan garam, uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.

* Kempiskan adonan, timbang masing2 25 gram. Bentuk bulat, lalu diamkan 10 menit.

* Pipihkan adonan, beri isi  dan bentuk bulat .Letakkan diatas kertas roti , diamkan selama 45 menit sampai mengembang.

* Kukus 10 menit diatas api sedang sampai matang.




You Might Also Like

3 comments

  1. Asri, rajin dikau, biki bakpao ga gampang apalagi kalo airnya disana dry...susah ngembang...salut deh bisa jadi bakpaonya..

    ReplyDelete
  2. mb Roosy , sy suka banget bakpao...maka ini mau di coba2 lagi :). Thanks mb regular visiting nya :). Have a great weekend!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete