Baking ...oh baking...

Sunday, April 10, 2011

Waktu begitu cepat berlalu, jika boleh di bilang seperti orang yg berlari . Begitu juga dengan sy dan family . Hampir 8 tahun sudah meninggalkan tanah air utk mengikuti hubby yg pindah kerja, rasanya baru kemarin datang bersama Zahwa yg kala itu  masih berusia 2 tahun  kini akan memasuki usia 10 tahun, dan sudah ditemani si bungsu ceria Aaliyah . Sepertinya di Doha lah semua di mulai,  karena sy hanya menikmati 2,5 tahun saja menjalani kehidupan berkeluarga di tanah air.  Tentunya dengan rentang waktu yg singkat bagi sy itu bukanlah hal yg berarti. karena belum bisa menikmati apa dan bagaimana orang yg bekeluarga. Bagaimana harus bersikap dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yg benar2 baru baik dengan keluarga besar  hubby dan orang lain.   Belum juga menjalin pertemanan yg luas dengan ibu2 di sekitar komplek tempat kami tinggal. Semuanya masih proses trial dan belum memasuki tahap error :D.

Doha kala itu belum semeriah saat ini dimana meskipun sudah ada orang Indonesia tp belum se majemuk seperti sekarang. Ingat betul bagaimana susahnya mencari kangkung ataupun serai bahkan daun jeruk, karena itu hanya tersedia hanya di satu hypermarket yg jaraknya lumayan juga dari tempat kami tingggal.
Dahulupun cuma ada satu rumah makan Indonesia yg sekaligus menjual bahan2 pangan dari tanah air. Wow teringat betul bagaimana sy dan hubby harus membuat tahu sendiri hahaha....hanya 1 kg kedelai tp kotornya hadoww se dapur sudah begitu hasilnya pun tidak seperti yg di inginkan. Dan masih sederetan pengalaman unik yg menempa kami sehingga boleh dikatakan kami survive di negeri padang pasir tandus tapi sekarang berubah menjadi hijau dan indah ini :).

Yg paling mengesankan adalah kecanduan sy terhadap dunia perbakingan yg tadinya ada di pikiran sy pun tidak .  Masih saja teringat ketika sy meminta hubby utk membeli bolu karena memang sy suka sekali akan bolu2 yg jika di Indonesia bisa  di beli se slice atau 3 slice atau lebih tentunya :).
Dia membawa bolu ukuran brownies kecil , warnanya coklat beraroma kayu manis salah satu bumbu kesukaan sy . Tapi begitu di gigit alamakk...rasanya bukan yg seperti di harapkan.
Jadi harus bagaimana ???....membuat bolu pun belum pernah.  melihat orang bikin bolu mungkin itu lebih tepatnya bahkan berkali kali karena salah satu tante sy jago sekali membuat bolu :).

strawberry session


Beruntunglah sy, mempunyai satu tentangga yg akhirnya menjadi seperti saudara. Dialah yg pertama kali datang men demokan cara membuat bolu paling sederhana .Dengan mixer sederhana dan berbekal microwave oven mulai sy mencoba berbagai resep. Bantat...gosong, pahit, cake sinking bukan hal yg aneh buat sy :D. Berkejab -kejab mata sy melihat kue yg akan mengembang di dalam microwave oven dan yg membuat sy terpikat adalah 15 menit terakhir ketika bolu itu akan matang.      Aroma butter nya tercium sampai di ruangan kamar, hmm tentu saja karena memang ukuran rumah kami bukanlah besar :).

chocolate b'day cake


cupcakes


Sy lupa tepatnya kapan salah satu sahabat sy meminta tolong utk membuat kaastengels...huaaa terbayang harus berapa kali sy mengoven karena terbatasnya ruang di microwave. Setelah itu balck forest perdana di pesan oleh teman sy juga. Hihihi...modal nekat...belum tau bagaimana caranya mem frosting cake tp sudah menerima pesanan kue berhias. Akhirnya pun sy bergabung dengan salah satu cake decoration club di Doha. Tapi huuh !  mahal sekali dan materi yg di berikan tidak sebanyak di Indonesia dengan harga yg sama , dan sampai saat ini tidak maksimal terpakai :).

Untitled-1
\
Untitled-1


fondant

Pernah suatu masa , tepat nya tahun kemarin sy mencoba untuk bergabung dengan salah satu teman yg mempunyai usaha catering. Maksud hati ingin menjadi pemasok tetap kue kering dan beberapa hasil dari oven . Hmmm ternyata tidak bertahan lama, sy menyerah, karena waktu  betul2 tersita untuk jenis cake yg selalu sama. Bagaimana mungkin sedangkan keinginan mencoba resep baru selalu menggelora :).
Alasan yg paling crucial adalah 2 putri sy. Oh betapa tidak bisa sy membagi waktu antara pekerjaan rumah , pendidikan anak2, hobby dan merintis usaha sedang semuanya di kerjakan sendiri. Akhirnya keputusan mundur adalah terbaik :)....kembali ke rutinitas awal tetapi tidak dengan rasa bersalah .  Mencoba resep2 kue baru dengan perasaan freely  , bisa menunggu putri2 sy belajar , bisa memasak lebih dari satu macam , bisa memotret ( hmmm yg satu ini adalah  candu ke dua setelah baking :D ) , rumah selalu fresh dll....dlll...
Finally everybody happy.
2


Cream Cheese Chiffon Cake
Perjalanan dan pencapaian dlm baking , buat sy cukuplah memuaskan. Seperti pekerja seni, perumpamaan terhadap sesuatu yg sy anggap indah :), proses membuat cake adalah seni. Seni memilih bahan , menimbangnya  kemudian mengerjakan dan membakarnya di oven . Suka sekali melihat cake dalam oven yg sudah mulai mengembang dan puncaknya ketika aroma cake mulai merebak pertanda memasuki fase akhir pembakaran . Apalagi jika sudah matang wow....memotong dengan pisau pun terasa indah buat sy. :). Dan yg lebih indah adalah  menunggu kalimat pertama yg keluar dari para penikmat baking di rumah begitu gigitan pertama cake berakhir ....hmmm .
cupcake with ganache

Thanks to mb Ika ...penyemangat baking  :)
Buat rekans yg memulai kegiatan per ovenan...keep on trying , never give up :D.

You Might Also Like

4 comments

  1. Salam mbak, salam kenal, ihh kuenya cantik2
    Sukaa mbak bacanya
    Baru pada level suka foto sekarang tapi kok foto2 ku masih jalan ditempat, ada baby 8 bulan, mau pegang kamera yg ada dikejar2.ya sudah simpan dulu ilmunya.
    Udah mundur dari bakulan karna tak kuat juga tak ada yg bantu. Boleh order temen2 tapi syarat nya kaga boleh komplen scara baru belajar.
    Mo uodate blog aja juga sekarang udah susah, lebih enak browsing, ketemu blog ini dehhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mb Debi, terimakasih sudah mampir di postingan jadul ini :D. ayo semangat mb. motret lagi dan update blog :).

      Delete
  2. Salam mba.. salam kenal..
    saya mau tanya mba kan membuat roti dengan menggunakan microwave oven..
    untuk loyangnya apakah bisa menggunakan yang terbuat dr teflon ataukah harus terbuat dari keramik??
    dan apakah aman menggunakan parchment paper untuk mengalasi cake yang dipanggang menggunakan microwave oven ??
    terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali mb Stepanie, maaf ya balasnya telat banget. bisa duanya2nya mb. untuk roti cukup di oles margarin mb. Kalo bikin cake baru saya alasin parchment paper meski loyangnya terbuat dr teflon.

      Delete