Chocolate cupcakes

Tuesday, February 08, 2011

kol-2


Cupcakes memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk di explore, selain bentuknya yg mungil2 juga bisa di hias sesuai dengan keinginan kita, walaupun utk yg di sebut terakhir itu masih minim sekali idenya :D. Punya keinginan utk mencari dan mencoba lebih banyak variasi cupcake di sepanjang tahun ini bisa gak ya?....ah baking memang selalu membuat lebih bersemangat :).

Chocolate cupcakes kali ini sy contek dari buku yg sudah 3 tahun lalu di beli ...ohhh kasihan sekali.
' Crazy about cupcakes' byKrystina Castella....banyak sekali resep2 menarik. Yang sy suka dari buku resep dari luar Indonesia adalah jumlah telor yg minim, tetapi soal rasa memang tidak bisa di pungkiri resep2 kue dari negeri asal lah yg pas di lidah hehehe. Tetapi boleh juga utk menambah koleksi resep yg pernah di coba sekaligus akan sedikit di modifikasi .

Tekstur cupcakes ini padat dan moist sekali , dan penikmat baking di rumah pun suka, sayang utk first trying nya kurang sukses sepertinya agak kurang lama proses meng ovennya .
Sehingga ada salah satu teman bilang ' ini di kukus ???....'. ditambah lagi... ' ini kue bantat ya.....' hahaha...Idjahhhhh....awas kau ya!


choco cupcake with mocca butter cream


Ingredients :

1/2 cup cocoa powder
3/4 cup boiling water
2/3 cup ( 4 ounces ) bittersweet chocolate, cincang kasar ( sy memakai dark cooking chocolate)
1 1/2 sticks unsulted butter ( 150 gr ) at room temperature
1 1/2 cups granulated sugar ( sy memakai 1 cup saja )
4 large eggs at room temperature
1 tsp vanilla extract
2 cups all purpose flour
1 tsp baking soda
1/4 tsp salt
1 cup plain yogurt at room temperature.

Directions :

*Preheat Oven 350' F ( sy menggunakan 180'C ) Siapkan loyang standart muffin atau cup alasi dengan papercups.

* Dalam mangkuk sedang masukkan cocoa powder, tuang air mendidih dan aduk sampai rata dan coklat larut. Tambahkan darck cooking chocolate dan aduk sampai coklat leleh dan adonan menjadi halus. Sisihkan.

* Kocok butter dan gula dengan electric mixer dengan kecepatan sedang sampai lembut kurang lebih 3-5 menit. Tambahkan telur satu persatu sambil tetap di aduk sampai habis. Masukkan Vanila extract.

* Dalam mangkuk terpisah , campur tepung, baking soda dan garam.

* Tambahkan setengah dari tepung ke dalam adonan butter, turunkan kecepatan mixer ( low speed ), kocok hingga tercampur rata. Tambahkan yougurt , aduk hingga rata.

* Masukkan sisa campuran tepung aduk sampai rata , tambahkan chocolate kocok sampai rata tetapi jangan terlalu lama proses pengocokannya.

* Masukkan adonan ke dalam cetakan hingga 1/2 atau 3/4 dari cetakan . Panggang kurang lebih 20-25 menit atau sampai matang.

* Dinginkan dan frosting sesuai selera ( sy menggunakan mocca butter cream ).

You Might Also Like

0 comments