Roti keju

Saturday, August 21, 2010

Duh bahagianya , hanya utk sepotong roti :). Setelah percobaan beberapa bulan yg lalu gagal meskipun sempat di oven juga. Minggu lalu mencoba lagi resep dengan menggunakan proses fermentasi. Masih tetap mengunakan resep NCC, again thanks bu Fatma , mencoba keberuntungan as anak2 doyan banget roti2 an termasuk juga mak nya . Ternyata membuat roti tidak secapek membuat cake atau bolu, tidak njelimet bahkan. Cuma memang saat proses menguleni harus elastis betul, nah bagian yg ini jika tidak menggunakan mixer sy sudah menyerah hihihihi.

cheese bread


Mencoba utk menyambung feeling saat pembuatannya seperti jika membuat seloyang cake, ternyata proses pengerjaan roti memang unik dan menyenangkan versi sy . Mulai proses menguleni sampai menunggu adonan mengembang sempat membuat tanda tanya juga, sukses gak ya :).....terbayang roti coklat yg bantat itu hehehe.

Kali ini selain membuat rasa keju, sisanya di taburi meses dan isinya coklat hmmm. Walaupun baunya belum seharum roti buatan bakery, (wonder knapa bau yeast nya masih ada walau sedikit), tetapi boleh lah.... teksturnya sudah lumayan lembut dengan bantuan bread improver, semacam bubuk yg fungsinya membantu melembutkan adonan roti.

Anyway have a nice weekend.

_DSC4891




Ingredients :

500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
11 gr ragi instan
1/2 sdt bread improver
4 btr kuning telor
200 ml air Es
100 gr mentega/margarine
5 gr garam

Bahan isi :
100 gr keju cheddar parut
100 gr mentega

Directions :

Jika menggunakan mixer :
* Dalam mangkuk besar campur tepung terigu, gula, ragi instan dan bread improver aduk2 hingga bahan tercampur rata.

* Tambahkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni menggunakan mixer ( memakai dough hook beater / pengaduk utk roti bisa juga utk donat ).

* Aduk hingga setengah kalis dan bergumpal. Tambahkan margarin/mentega dan garam uleni hingga betul2 kalis dan elastis. Istirahatkan 20 menit.

* Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi 30 gr ( ukuran idel buat sy :) ). Istirahatkan 10 menit.

*Aduk rata bahan isi.

* Ambil satu bulatan , isi dengan bahan isi, lakukan sampai habis.

* Diamkan 30-60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah mengembang dan ringan , poles dengan kuning telor yg sudah di kocok. ( sy menggunakan kuning telur ditambah 1 sendok makan susu cair )

* Panggang selama kurleb 20 menit dengan suhu 180' hingga terlihat keemasan .

You Might Also Like

0 comments