Bayam

Tuesday, June 08, 2010

Bayam adalah salah satu sayur favorit sy sejak sy duduk di bangku SD. entah knapa bayam buat sy begitu istimewa hingga sekarang.
Tanaman bayam ( Spinacea oleracea ), berasal dari Amerika dan New Zealand, tetapi karna bayam mudah tumbuh dimana saja, sekarang ini bayam pun sangat banyak dibudidayakan di Indonesia.Jika di Indonesia bayam sudah dikonsumsi sejak lama sebagai sayuran,maka di Eropa dan Australia, pada awalnya tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman hias yang banyak dijumpai di sudut-sudut kota. Barulsekitar tahun 1960-an, penduduk Australia mulai melirik bayam sebagai salah satu bahan makanan yang ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Kita sering mendengar istilah bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan misalnya gado-gado, pecel dan bisa di goreng sebagai keripik bayam.
Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor.Yg ini paling sy suka.
Sayuran ini memang terlihat sangat sederhana. Tapi tahukah Anda bahwa bayam memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap dan penting untuk tubuh kita? Selama ini, bayam sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang secara luas dikenal kaya akan serat, vitamin, beta karoten, berbagai mineral termasuk zat besi, ternyata juga memiliki kandungan protein yang tinggi pada daun maupun bijinya. Sayuran ini tak cuma sedap dimasak. Bila diolah secara sehat dan dikonsumsi secara teratur, beberapa penyakit dapat dicegah, bahkan diobati.

Kandungan mineral dalam bayam cukup tinggi, terutama Fe yang dapat digunakan untuk mencegah kelelahan akibat anemia. Karena kandungan Fe dalam bayam cukup tinggi, ditambah kandungan Vitamin B terutama asam folat, zaman dahulu bayam dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan melahirkan. Baik mineral Fe atau asam folat berhubungan dengan produksi darah sehingga saat melahirkan, persediaan dalam tubuh cukup. Karena seperti yang kita ketahui, melahirkan akan mengeluarkan sangat banyak darah dan memungkinkan sang ibu kehabisan darah. Selain itu bayam juga baik dikonsumsi oleh wanita pada saat haid .

Selain manfaatnya yg banyak, bayam juga mempunyai efek negatif jika kita tidak memperhatikan cara pengolahannya. Karna sayur bayam tidak bisa dihangatkan seperti sayuran jenis yg lain . Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro). Kalau terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro. Sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Jadi, kalau bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut. ( Kayaknya harus buka2 buku pelajaran biologi dan kimia lagi ) Panci tempat memasaknya pun, sebisanya jangan memakai panci alumunium, karena bisa bereaksi dengan zat besi yg ada didlm bayam.
Selain mengandung zat yg disebutkan tsb diatas, bayam juga mengandung zat Nitrat (NO3). Kalau teroksidasi oleh udara, maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.
Bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Nah ini dia , padahal sy suka menyimpan sampai 1 minggu karna di qatar tidak ada tukang sayur lewat depan rumah hehehe.

Efek toksik (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb). Telah kita ketahui bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Ikatan nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen. Jika hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.
Efek toksik lainnya adalah kemampuan nitrit bereaksi dengan Amino sekunder dapat membentuk senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

Tetapi jangan sampai tidak megkonsumsi bayam ya....karna memang bayam sangat banyak manfaatnya ,termasuk juga sayuran yg mudah di dapat dan murah harganya.Tetapi di qatar bayam akan menghilang kalo mulai masuk musim dingin , dan akan muncul lagi menjelang bulan April.Sampe ada teman sy bilang udah setengah tahun nih gak makan bayam

Sumber : Wikipedia, lifestyle.okezone.com

You Might Also Like

0 comments