Chiffon ketan hitam

Monday, March 15, 2010

chiffon ketan hitam


Sepertinya sudah 3 tahun yg lalu mengenal bahan kue yg ini , yah tepung ketan hitam. Pertama kali mendengar wonder juga , tepung ketan hitam di pakai utk bolu atau sejenisnya. Pantas adik perempuan selalu bilang, sudah pernah mencoba resep ini gak ....enak lho...waktu itu sedang booming di Indonesia. Tapi selalu lupa utk menyelipkan di daftar belanja jika mudik, karena selalu membeli bahan2 kue yg lain ataupun sibuk berburu makanan enak .

Sampai 2 hari lalu sobat sy menawarkan tepung ini, dengan catatan dia di buatkan kue ....ah darling you always do like that. Lumayan lah 500 gr, dan utk test kali ini resep yg di coba tentunya chiffon si lembut yg membuat jatuh hati :). Selain enak , membuatnya pun simple dan tidak perlu memakai stand mixer.
Chiffon ketan hitam di sini resepnya di copy. Rasanya legit , lembut as usual tp sedikit kasar mungkin karena tepung ketan hitamnya.
Tapi harus cepat habis sebab cepat basi karena santan sebagai salah satu ingredient nya, atau di simpan di refrigerator ......" happy chiffon day " .


DSC_1728

Ingredients :

5 butir kuning telur
100 ml santan kental
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan hitam , ayak
5 putih telur
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
( Dan seperti biasa sy menambahkan 1/2 sdt cream of tartar )

Directions :

* Dalam mangkuk besar, masukkan tepung ketan hitam, kuning telur, minyak dan santan.

* Aduk sampai tercampur rata

* Kocok putih telur, garam dan cream of tartar sampai sedikit mengembang, kemudian tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok sampai mengembang dan mencapai soft peak.

* Campur adonan tepung ketan hitam kedalam putih telur, aduk rata.

* Tuang ke dalam loyang chiffon yg tidak di oles margarin/mentega

* Panggang dengan suhu 180' selama kurang lebih 50 menit atau sampai matang.

* Segera balikkan loyang chiffon setelah matang, tunggu sampai dingin.

You Might Also Like

0 comments