Kolak labu

Monday, October 10, 2011


Masih kelanjutan dari mencari makanan apa yg nyaman di santap ketika selera makan berkurang :). Waktu iseng jalan di supermarket, tidak sengaja mata tertuju pada buah labu/ pumpkin yg berada di rak sayur2.  Dari bentuknya yg sama ,  yakin itu labu, cuma ukurannya kecil dan kulitnya hijau. Sepertinya warna kulit labu ini yg membuat keinginan membeli buah yg memiliki rasa khas ,dan yg lebih lagi  tentunya indah utk di ambil gambarnya :D . Walau tidak yakin dalamnya nanti bertekstur seperti apa, akhirnya berada di keranjang bawaan juga.

Kolak labu ini sangat mudah membuatnya, hanya sekedipan mata :), dan hasilnya lumayan juga. Perpaduan rasa labu , santan kental , gula merah ,  jahe dan daun pandan tentunya menghasilkan rasa yg legit dan aroma yg eksotik. Tetapi apa boleh di kata ternyata hasil akhirnya  ada yg kurang pas ,  ternyata warna labunya tidak se oranye labu berukuran besar  yg banyak kita jumpai di pasar tadisional ataupun swalayan di tanah air. Teksturnya tidak  soft dan legit , tp its oke , paling tidak santannya kita bikin sedikit kental dan di tambah sedikit vanilla powder akan menutup kekurangannya. Akhirya sore itu , kolak labu hangat menemani menghabiskan waktu menunggu saat sholat maghrib tiba :)




 
Bahan :
Labu , potong sesuai selera.
Santan kental atau sesuai selera.
Gula merah , sisir halus.
Jahe iris tipis.
Garam secukupnya.
Vanilla powder.
Daun pandan.
Larutan maizena

Cara membuat :

* Didihkan santan , , irisan jahe dan daun pandan.

* Masukkan potongan labu, gula merah , garam dan vanilla powder aduk2 sampai gula larut.

* Didihkan sampai labu cukup masak, tambahkan larutan maizena, aduk rata dan angkat.


You Might Also Like

4 comments

  1. Alo Asri, kemaren ini temen ngasih labu kolak cuma temen saya masak labu ama biji2nya...asik juga sich sekalian bisa makan biji labu..(kaya makan kuaci).
    Propsnya asik buangett...beli dari Qatar?

    ReplyDelete
  2. sama bijinya ya mb..harus rebus bijinya dulu kali ya :), itu kan keras mb.
    iya itu semua dr doha mb. kecuali kain perca batik :D. makasih mb roos

    ReplyDelete