Red velvet cupcakes

Wednesday, October 12, 2011

Sepertinya atau bahkan iya betul , sy sudah ketinggalan gaung cupcakes yg satu ini. Jika tidak salah beberapa bulan yg lalu , mungkin juga tahun lalu tepatnya :D, cupcakes ini banyak berseliweran di blog para penggila baking. Kali ini ternyata kesampaian juga, setelah mendengar testimoni dari seorang sahabat yg aduhai!  jika dia sudah men deskripsikan  satu jenis makanan maka seorang presenter kuliner kondang  pun lewat dah ;)). Begitu juga celotehan dia mengenai cuppi yg satu ini hoaa...kata dia " gilee teksturnya moist..rasanya haduhh sangat membelai lidah , warnanya cantik perpaduan ingredientnya uhui, sayang gw gak suka frostingnya, tp asli situ  harus coba ye....bla...bla...oh my dear Del! sungguh beruntung sy punya teman seperti dirimu. Yg selalu ramai, ceria dan selalu memuji hasil baking sy meskipun bantat :)).
Resep  di copy dari allrecipedotcom, setelah buka tutup beberapa website tentang RV cupcakes, pilihan sy jatuh pd halaman allrecipe yg mempunyai read review bintang 4 bahkan mendekati 5 almost perfect
Btw sy gagal menemukan resep yg tidak menggunakan bahan pewarna, teman  bilang beetroot digunakan sebagai pengganti warna merah, mudah2an bisa di coba nanti2. Yang tidak cocok dengan selera hanya frostingnya, sudah umum di ketahui jika resep dari luar Indonesia hampir semua frostingnya pasti manis dan eneg:). Kali ini sy cuma membuat setengah resep dan abragadabra ..semoga cocok dengan rasa cuppies nya . Cream cheese , di tambah 2 sendok makan vegetable shortening , 15 gr sour cream, beberapa tetes vanilla extract dan gula bubuk sekenanya lalu di incip2 sampai pas.., aihhh...terlihat sekali desperate nya  :)).

Bahan :
310 gr tepung terigu ( sy all purpose flour )
45  gr unsweetened cocoa powder.
5 gr baking soda
3 gr garam
225 gr butter ( sy unsulted butter, suhu ruang ).
400 gr gula
4  butir telur
230 gr sour cream
120 ml susu cair
1 ounce / 30 ml pewarna merah
10 ml vanilla extract.
Vanilla cream cheese frosting:
224 gr cream cheese ( suhu ruang )
55   gr butter ( sy unsulted, suhu ruang )
30 gr sour cream
10 ml vanilla extract
16 ounce / 453gr icing sugar

Cara membuat :
* Dengan menggunakan electric mixer kecepatan sedang  , kocok butter dan gula bubuk sampai lembut

* Masukkan telur satu persatu, tambahkan sour cream , susu cair , pewarna merah dan vanilla extract.

* Tambahkan terigu sedikit demi sedikit turunkan kecepatan mixer ( rendah), hingga tercampur rata. Tuang ke dalam cetakan muffin sampai 2/3 penuh.

* Panggang dalam oven suhu 180'C kurang lebih 25 menit atau sampai  matang. Angkat dan dinginkan kurang lebih 5 menit di atas rak kawat .Keluarkan dari cetakan ketika sudah benar2 dingin. Hias dengan vanilla cream cheese frosting.

 Vanilla cream cheese  frosting :
Kocok semua bahan hingga lembut, tambahkan sedikit2 gula bubuk lalu kocok lagi sampai lembut


You Might Also Like

6 comments

  1. wow! photo'nya bagus banget! :) Beautiful!

    ReplyDelete
  2. Belum pernah bikin RV cupcake :) kelihatannya yummy.
    Asri, kamu dapat award, bisa dilihat di blog saya ya say....

    ReplyDelete
  3. lumayan enak kok Tik...
    award?...oke sy tengok ya thanks :)

    ReplyDelete
  4. dulu pernah mau nyoba dan nekat bikin ini cuppi *RV, tp pas baca ingredients nya makek pewarna, jd mundur hihihi *kl gak pakek pewarna kan bukan RV namanya.

    ReplyDelete
  5. Halo jeng...lek gak sama warna merah namanya bukan RV tapi RT wkwkwk..piye yo..sekali2 gak popo kan :D, enak lho hahaha mekso

    ReplyDelete