Marmer cake kopi

Tuesday, April 12, 2011

marble coffee cake

Paling gak asyik kalo sudah bersiap siap eh ternyata gak jadi :D. Senin lalu , seperti senin yg sudah2 , berdua dengan seorang teman belajar bersama. Jika tidak di rumah dia ya senin depannya di rumah sy. Sejak minggu pagi sudah sibuk mikir kira2 mau buat apa utk pertemuan itu. Pertemuan rutin yg juga jadi ajang makan2 hihihi,boleh juga dikatakan ajang memamerkan resep baru yg kemudian di coba :). Kali ini pilihan sy jatuh pada Marmer cake kopi, yg memang belum pernah di bikin.

Ternyata batal karena guru pembimbingnya mendadak tidak bisa hadir . Sebetulnya enak juga karena rumah sudah rapi biasanya masakan pun sudah siap. Pokoknya setiap senin tiba2 mendadak rajin secara otomatis. Jadi pekerjaan cepat selesai. Kenapa adanya cuma di hari Senin aja ya :)).

Setelah mondar mandir dan sudah bosan di depan pc, akhirnya sy putuskan mengecat papan yg ukurannya cuma 1 meter. Sejak bergabung dan mencintai dunia photography jurusan makanan. sy sering menuai protes dari si empunya rumah ( ....teman dekat :D ), karena menurut dia kadang semakin tidak rasional dan aneh2 hahaha.
Mulailah sy memulas dengan pulasan cat yg sy beli di toko buku, ukurannya kecil adanya di rak2 bagian craft. Tapi sayang tidak ada cara pemakaiannya, weits...ternyata kental sekali konsentrasinya...aih biarin aja....Hasilnya sudah tentu tidak rata .
Selesai dan cepat kering, ternyata keisengan itu berlanjut. sejepret dua jepret menjepret papan :D, setelah itu vas bunga di turunkan. Akhirnya dua piring kecil dan satu cangkir di ambil dan sedikit pernik2nya. Maka berakhirlah dengan marmer cake kopi di beri lapisan ganache, di potong dan kemudian segala keruwetan pun terjadi :)), padahal tidak ada rencana . Kamar sempit yg mulai penuh dengan barang kecintaan yg di sebut dia rombeng dan sampah pun semakin berantakan.

_ASR7926


_ASR7938

Btw Marmer cake ini teksturnya agak kasar dan padat, dan aroma kopinya menyengat sekali utk ukuran yg bukan pecinta kopi. Tapi betul enak di nikmati dengan secangkir teh atau cappucino tidak manis yg hangat. Silakan di coba ya :)
Di ambil dari buku resep " Serial 3 Cake Berhias Saji"

marble coffee cake


Ingredients :
225 gram margarin
150 gram gula pasir
6 kuning telur
4 putih telur
225 gr tepung terigu protein sedang ( all purpose flour )
25 gr tepung maizena
2 sdt baking powder
1/2 sdm kopi instan dan 50 ml susu cair panas , dilarutkan.
1 sdm coklat bubuk dan 2 sdm susu cair, dilarutkan
1/4 sdt coklat pasta
Ganache encer utk pelapis cake.

Directions :

* Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut, lalu tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu, kocok hingga tercampur rata.

* Maukkan sisa tepung terigu, tepung maizena dan baking powder sambil di kocok perlahan , tambahkan larutan kopi instan.

* Ambil 150 gr adonan atau sesuai selera, tambahkan larutan coklat bubuk dan pasta coklat. Aduk rata.

* Tuangkan adonan putih dan adonan coklat secara bergantian di loyang tulban berdiameter 22 cm tinggi 6 cm. Dengan menggunakan tusuk sate bentuk marmer.

* Oven suhu 180' C selama 35 menit satau sampai matang.

* Jika sudah dingin...tuangi dengan ganache encer.

You Might Also Like

2 comments

  1. Paling suka dgn photo ke tiga..lightingnya keren banget..

    ReplyDelete
  2. makasih sus..., apa kabar , kangen gw :)

    ReplyDelete