Green tea vanilla cake

Saturday, October 23, 2010

Setelah beberapa tahun belajar membuat kue2 yg di oven, baru sekarang kesampaian bikin cake yg di dalam bahannya terdapat green tea powder, hadow kasihan deh kemana saja ye :D. Green tea powder atau umum di sebut juga matcha, ternyata banyak sekali manfaatnnya. Antara lain dari banyak manfaat yg tertulis beberapa benefitmya di gunakan dlm program penurunan berat badan juga menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah, ( yg ini mengingatkan pada ibunda tercinta ).

green tea vanila cake

Matcha atau green tea yg identik dengan Japanesse tea ceremony, dimana penyajiannya unik dan menggunakan props yg cantik juga , saat ini selian digunakan sebagai minuman juga di gunakan sebagai bahan dasar cake, ice cream bahkan lilin dan sabun mandi.

Suka sekali dengan aroma green tea, apalagi jika digunakan sebagai bahan cake seperti yg sy coba ini.. Green tea vanila cake ini menggunakan salah satu resep dr buku Kahono, Kreasi cake modern. Teksturnya lembut dan mantafff :) juga hmmmm heavenly rasanya .

green tea vanila cake


Ingredients:

30 ml madu
120 ml susu cair
70 gr mentega unsulted
425 gram telur ( sy 7 butir telur ukuran sedang )
200 gr gula pasir
240 gr tepung berprotein sedang ( all purpose flour)
10 gr green tea powder
30 gr cake emulsifier ( sy kurangi kira2 20 gr saja )
60 ml minyak goreng

Butter cream: ( 1/2 resep )
325 gr unsulted butter
50 gr icing sugar
200 gr shortening

Directions :

* Dalam satu pan campur madu, susu dan unsulted butter, masak dengan cara di tim dengan api kecil. Hingga meleleh dan tercampur rata, angkat dinginkan.

* Kocok gula pasir, telur tepung terigu , green tea powder dan cake emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan mengembang.

* Tuangkan minyak dan campuran susu kedalam adonan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata.

* Tuang ke dalam 2 buah loyang berukuran 24 x 24 x 4 yg sudah di olesi margarin dan di alas kertas roti . ( utk percobaan ke 2 sy menggunakan loyang 22, spy mendapat hasil agak tebal )

* Angkat, keluarkan dr loyang dinginkan.

Butter cream : Campur bahan dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga putih dan mengembang.

Finishing : Ambil salah satu cake olesi dengan butter cream lalu tutup dengan cake yg lain.

You Might Also Like

2 comments