saffron spice cupcake.

Monday, April 18, 2016



Hello bloggers pecinta baking atau oven :), pasti suka mencoba resep2 baru kan ya. Mencoba resep cake baru , ibaratnya seperti "gambling".  Hasilnya enak gak yaa....?, untuk yg sudah berpengalaman dalam membuat kue. Melihat komposisi resepnya saja pasti bisa menebak itu bakalan enak atau tidak. Atau asumsi saya salah :))  .Sayangnya buat saya itu tidak berlaku , meski sudah lama ber kecimpung dan cinta membuat kue, kadang hasilnya tidak seperti yg saya banyangkan :D.

Tapi kali ini pilihan resep baru yg saya coba hasilnya pas dan sesuai dengan "feeling".   Bayangkan saja komposisi nya : Orange juice, parutan kulit orange, almond bubuk, saffron, tepung self raising  di campur dan bersenyawa dengan butter yg di lelehkan  kemudian di oven. Ternyata hasil nya "amazing " , untuk "my personal taste" :).

Oh ya seberapa pengaruh saffron terhadap cupcake ini ? , jujur tidak "significant " karena tertutup oleh aroma dominan orange ( correct me if  I am wrong ).tetapi helaian saffron yg di campur kedalam adonan membuat warna dan teksture cupcake mejadi cantik, ada titik2 warna merah dalam cupcake. Saffron bisa di temui di hampir semua supermarket kecil dan besar di Doha, karena Saffron banyak di gunakan sebagai bahan campuran masakan dan minuman seperti "karak" minuman khas orang2 lokal ( Teh di campur dengan rempah dan di tambahkan susu).

Saffron atau yg di ebut "kuma-kuma" ini berasal dari tangkai putik bunga "crocus sativu ", karena jumlah putiknya yg terbatas , dalam satu bunga hanya memiliki tiga tangkai putik, hal inilah yg  menyebabkan harga saffron termasuk rempah yg mahal. Saffron mengandung  berbagai macam nutrisi di dalamnya sehingga rempah2 yg sudah di budidayakan sejak 3000 tahun yg lalu ini bisa di gunakan sebagai bahan pencegah penyakit kangker, memperbaiki sistem imunisasi dalam tubuh hingga mengobati gejala depresi.

Kembali ke saffron spice cupcake , bagian "frosting" nya adalah "part" yg paling saya suka :). Perpaduan "mascarpone cheese" dan "cardamon bubuk" menyempurnakan rasa cupcake ini secara keseluruhan. Dan akhir nya, "sorry for both of you " , gadisku :D, ibu sedang menggunakan hak egois tingkat  paling tinggi :D. Sebab kalian hanya suka cake , cake, dan cake yg berbahan coklat.


Bahan :

185 ml orange juice
   3 tsp kulit jeruk di parut.
 1/4tsp helai saffron
   2 butir telur
125 gr gula bubuk
    1 tsp vanilla ekstrak.
185 gr  tepung self raising, ayak.
155 gr almon bubuk
100 gr butter , lelehkan .

Saffron threads:
1/2 tsp saffron
   2 tbs orange juice

Mascarpone cream :
250 gr mascarpone cheese
  60 gr gula bubuk di ayak.
 1/4 tsp cardamon bubuk

Cara membuat :

* Campur orange juice, parutan kulit orange, saffron lalu panaskan hingga mendidih selama kurang lebih 1 menit.

* Dengan menggunakan mixer , kocok telur, gula bubuk  dan vanilla ekstrak hingga lembut.

* Masukkan tepung self rasing , almond bubuk , campuran orange juice dan butter aduk dengan menggunakan sendok ( metal ) hingga tercampur rata.

* Tuang ke dalam cetakan yg sudah di alasi dengan paper cups.

* oven hingga matang kira2 18-20menit  dengan suhu 180' celcius. lalu dinginkan.

* Hias dengan mascarpone cream dan shaffron therads

Saffron threads :

* Masak orange juice dan saffron sampai mendidih kurang lebih 1 menit, angkat , tiriskan.

Mascapone  cream :

* Campur  mascarpone, gula bubuk dan cardamon bubuk , kocok rata ( jangan overmix ).




You Might Also Like

0 comments