Pancake

Saturday, January 30, 2016



"Bahagia itu sederhana" sebuah ungkapan kalimat yg kerap kita baca di mana-mana :). Membuat bahagia ternyata bisa juga dengan cara yg sederhana :D. Saya tidak menyangka memberi ijin putri bungsu saya  "Aaliyah" memberi makan kucing liar yg sering mampir ke rumah , membuat dia amat bahagia. Aaliyah , seperti  juga kakaknya , mempunyai riwayat alergi yg di turunkan oleh kedua orang tuanya :). Selain alergi debu yg agak parah , dia tidak boleh kena bulu hewan . Terutama kucing dan burung. Padahal Aaliyah suka sekali kucing, tidak bosan dia meminta untuk memelihara kucing yg selalu berakhir dengan penolakan kami. Sampai akhirnya suatu pagi dia melihat ada tiga kucing yg memang tiap pagi selalu datang ke halaman belakang rumah dan meminta "boleh gak Aaliyah kasih makan kucing instead of having cats at home " :D.


Setelah itu ada acara tambahan jika kita pergi belanja sayur atau sekedar membeli roti ke supermarket, berburu makanan  kucing :)), mungkin ada versi baru. Dan sejak itu juga setiap habis mandi pagi sebelum berangkat sekolah , muka nya selalu "sumringah" .Dengan suara merdunya yg masih menyisakan nada baby menyapa dengan riang  kucing-kucing yg ahai...hewan cantik itu pun mengerti jam berapa mereka harus berdiri di depan pintu dapur yg berhadapan langsung dengan halaman belakang rumah. Dan setelah itu ..."hello Katie good morning , are you hungry. How was your night, where is your friend Alex "..." oh sure I'll make your breakfast ready". " just be more patient oke ..." :)). Membuat bahagia itu mudah kan.

Membuat pancake juga membuat dia amat bahagia, karena pada awalnya dia yg minta dan mencari resep nya di internet :). Pancake yg berjudul "Fluffy pancake" Aaliyah pilih dari beberapa resep yg ada . Tentunya tebak-tebak saja :D, "please read this recipe ibu " . Dan ternyata resep ini paling 'simple' diantara yg sudah ada. Testurnya lembut , butternya terasa dan yg penting bisa di buat alternatif makan pagi,  membuatnya pun cepat. Btw, tekstur dan  rasa pancake mengingatkan pada pukis bedanya pukis menggunakan santan dan pancake menggunakan susu. Yuk bikin pancake siapa tahu bisa membuat bahagia orang2 di rumah :).


Bahan :
3/4 cup susu cair
 2 sendok makan cuka putih ( white vinegar)
 1 cup tepung terigu ( saya all purpose flour)
 1 sdt  baking powder
 2 sdm gula pasir
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
 1  btr telur
 2 sdm butter, lelehkan.

 Cara membuat :
 * Dalam mangkuk sedang campur susu cair dan cuka putih kira-kira 5 menit ( saya sampai 10 menit agar menghasilkan susu asam yg lebih pekat)
 * Campur bahan-bahan kering : tepung terigu  , gula pasir, garam, baking powder dan baking soda.
 * Tambahkan telur dan butter ke dalam "susu asam" lalu masukkan tepung terigu, aduk sampai rata.
 * Tuang kira-kira 1/4 cup ke dalam"skillet" yg sudah di oles margarin tipis-tipis dengan api sedang .
   tunggu sampai adonan bergelembung lalu balik hingga pancake berwarna coklat.


You Might Also Like

0 comments