Banana zebra chocolate chiffon cake

Tuesday, June 19, 2012


Banana zebra chocolate chiffon cake...aih panjang batul namanya, sampai putri saya yg sudah berusia 5 tahun itupun kesusahan buat mengucapkan :). Resep  sy copy paste dari blog teman...thanks Fitri . Buat sy chiffon selalu menarik untuk di coba selain cepat proses pembuatannya, bolu ini mempunyai tekstur yg lembut dan ringan, cocok untuk teman minum teh di sore hari.


Untuk chiffon kali ini saya  mengurangi takaran  gulanya, sy bukan penyuka yg terlalu manis hehehe. Tetapi hasil akhirnya tidak se moist banana chffon yg pernah saya coba, mungkin bisa jadi karena tidak adanya butter di dalamnya, ataupun karena pisang yg cuma 100 gr :). Tetapi untuk rasa tetap yummy seperti semua resep chiffon yg sudah pernah di coba. Dan karena ini berbau coklat, meski coklat bubuknya cuma sedikit, peri peri kecil penikmat baking mau mencoba nya meski cuma beberapa potong :).

Bahan :
100 gr palm sugar ( sy dark brown sugar )
175 gr all purpose flour
100 gr pisang ( pilih yg matang/over ripped agar aromanya terasa )
1/2 sdt garam
1 sdt baking power
80 ml minyak sayur
1 sdt essence pisang atau vanilla , bisa menggunakan bubuk spekoek ( sy menggunakan yg terakhir )
250 ml putih telur ( kurang lebih sama dengan jumlah kuning telurnya )
100 gr gula bubuk ( bisa memakai caster sugar)
1/2 sdt cream of tartar
2 sdm fine chocholate powder.

Cara membuat:
 * Kocok gula dan kuning telur sampai tercampur rata.

* Tambahkan tepung terigu, garam, baking powder aduk rata. Lalu masukkan pisang yg sudah di haluskan aduk kembali hingga rata. Sisihkan

* Didalam bowl yg lain, kocok putih telur dan cream of tartar hingga tercampur rata. Sambil tetap di kocok tambahkan  gula bubuk sedikit demi sedikit hingga putih telur mencapai soft peak.

 * Campurkan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung, aduk sampai adonan benar2 tercampur rata.

* Ambil adonan kira kira 5 sendok sayur, tambahkan coklat bubuk dan aduk.  Tuang ke dalam loyang chiffon bergantian antara adonan putih dan coklat sampai habis.

* Panggang dengan suhu 170' C sampai matang. Angkat lalu balikkan loyang biarkan sampai dingin.

* Keluarkan dari loyang lalu sajikan.

You Might Also Like

1 comments

  1. Salam kenal, jmlh telurnya berapa bnyk apakah kira2 dgn telur 6 butir kuning en putih dipisahkan? dan ini utk loyang chiffon yg uk berapa?

    ReplyDelete