Appleade

Saturday, June 02, 2012


Satu lagi minuman yg sangat sangat mudah , sy coba minggu kemarin. Dan ingin berbagi resepnya, karena selain gampang banget , bahan dasarnya selalu ada.  Apel hijau mengingatkan sy pada apel Malang, sebelum apel import banyak seperti saat ini. Selain apel Malang merah , apel hijau selalu ada  di pasar buah di daerah dan pada jaman sy  masih kecil   tentunya :).  Hanya saja sy kurang suka karena rasanya asam hahaha, lebih suka jenis apel yg berwarna merah dan manis , tetapi mana ada apel yg semanis buah melon ya :)).

Di  tempat tinggal yang sekarang lah , sy banyak menjumpai jenis apel. Dari yg warnanya kekuningan ,pink ( pink lady apple), merah kekuningan , merah...masih ada beberapa lagi termasuk granny smith apple yg berwarna hijau. Granny smith pertama kali di budidayakan di Australia oleh Marry Ann ( grannie) Smith pada tahun 1868. Sama seperti apel Malang , apel ini mempunyai rasa yg asam.  Seperti yg sy baca di beberapa literatur,  apel hijau banyak digunakan untuk baking, selain  untuk  salad, sauce dan poaching. Untuk penyuka rasa asam dan segar, apel hijau ini adalah pilihan yg tepat :).
Ada beberapa tips memilih apel ini, green smith apple yg bagus mempunyai kulit yg halus dan cerah, berwarna hiju sedikit pink. Apel ini harus padat dan berat jika di pegang , tidak ringan tentunya.

Kembali ke appleade yg sy ambil dari buku resep  "David biggs" , minuman ini mempunyai rasa yg unik.  Perpaduan rasa asam, brown sugar dan cinnamon powder akan berakhir di kata yg menjadi favorit sy untuk mengekspresikan kekaguman akan cita rasa sebuah hasil karya kuliner ...." Exotic".....:).


Bahan:

2 buah apel  hijau, potong kecil.
550 ml air ( sy asumsikan 1 apel untuk 250ml air :) )
1 sdm brown sugar atau sesuai selera
Crushed ice
Cinnamon bubuk sesuai selera.

Cara membuat :

* Siapkan mangkuk besar  masukkan potongan apel.

* Didihkan air , jika di ukur mencapai 500 ml. Tuang ke dalam mangkuk berisi potongan apel. Tambahkan gula lalu aduk hingga larut. Tutup mangkuk hingga air dingin.

* Saring air apel, buang potongan apel. Lalu dingin kan.

* Sajikan dengan es batu dan taburan cinnamon bubuk.





You Might Also Like

4 comments

  1. i don't understand a single word.... but just loved your photography. congrats on winning one of the category on DMBGLIT...

    looking forward to more beautiful photographs :-)

    ReplyDelete
  2. Hi Dassana, sorry for this unconvenience:), I ll try to make in English version someday. Thanks for stopping by and compliment.

    ReplyDelete
  3. The first photo is absolutely stunning!

    ReplyDelete
  4. Kankana, thank you so much for your appreciation and visiting.

    ReplyDelete