Green tea cupcakes

Friday, December 30, 2011

Dua hari lagi tahun 2011 berlalu  ., begitu cepatnya ya..???. January akan datang lagi , mestinya harus ada yg di targetkan sampai Desember mendatang .Jadi ingat percakapan di telepon dengan ibu tercinta beberapa hari yg lalu. Karena membicarakan hal2 yg akan datang, ibu menasihati..." jangan terlalu memikirkan yg terlalu jauh, pastikan hari ini berakhir dengan baik , dan mintalah berkah di sisa usia yg ada " aih ibu ...

Wah perjalanan menulis di blog selalu tersendat akhir2 ini , padahal di sinilah  tempat me release stress dan segala kebosanan  rutinitas   sehari2.     Salut dengan beberapa teman yg selalu rajin meng update hasil karyanya :).




Kali ini membuat green tea cupcakes, impian meng explore  berbagai macam cupcakes dalam setahun kandas haha...hanya beberapa..aha! beberapa? ...ternyata cuma tiga macam dan green tea ini adalah yg ke empat :D. Sejak mengenal matcha atau green tea dua tahun yg lalu , langsung terpesona dengan rasa dan bau harumnya. Green tea yg berasal dari negeri Sakura ini mempunyai nilai plus bagi kesehatan . Karena kaya akan nutrisi, antioxcidants , serat ( fiber ) dan chlorophyll. Matcha juga  bebas gula , diharapkan dapat membantu penderita diabetes untuk mengurangi konsumsi akan gula.
Matcha juga mengandung asam amino ( L-theanine) yg berfungsi sebagain relaksasi, selain juga memberi rasa yg khas. Yg di kenal sebagai rasa ke lima ( Umami ) selain empat rasa yg ada

Tetapi sayang cupcakes ini cuma sy yg suka, dua princesses penikmat baking tidak menyentuhnya pun.
Kata mereka  baunya saja tidak suka :D,  lain dengan penikmat baking yg satu lagi..doi sudah gak bisa ke lain rasa sejak mengenal red velvet cuppies haha...
Buat penggemar rasa green tea...mari kita nikmati cuppies eksotik ini dengan segelas green tea tanpa gula ...wow heavenly.

Resep diambil dari Murdoch books.

Bahan :
125 ml milk
3 sdt matcha powder ( fine green tea powder )
185 gr unsulted butter, suhu ruang
170 caster sugar ( gula halus )
1 sdt vanilla extract
3 butir telur.
125 gr self raising flour.
30 gr all purpose flour.

Cream :
250 ml whipping cream
2 sdm icing sugar, ayak.

Cara membuat :
 * Panaskan susu cair dalam panci ( tidak sampai mendidih ), angkat, lalu masukkan green tea powder aduk dan biarkan dingin.

* Kocok butter, gula dan vanilla dengan mixer hingga lembut. Tambahkan telur satu persatu sambil tetap di kocok hingga tercampur rata.

* Masukkan tepung terigu bergantian dengan susu cair, aduk rata.

* Tuang dalam cetakan muffin standard , panggang di atas api 180'C kurang lebih 10-12 menit   atau sampai matang. Dinginkan di rak kawat lalu hias dengan cream.

* Cream  : Kocok butter dan icing sugar hingga kaku ( stiff peak ).


You Might Also Like

2 comments

  1. mbak asri aku meningggalkan jejak nih. Btw green tea didoha beli dimana mbak?

    ReplyDelete
  2. Hai....dewi thanks for visiting :)

    green tea di Doha sy belum pernah liat ini bawa dari Indo say

    ReplyDelete