Wedang Sereh

Thursday, November 03, 2011




Sereh / lemon grass yg selama ini hanya sy gunakan hanya utk memasak ternyata enak juga di buat minuman ( wow...selalu terbelakang :)) ). Blog walking di beberapa tempat, sambil membayangkan seperti apa nanti rasanya,  membuat tidak sabar utk mencoba, walau sambil tdk yakin :D, apakah nanti  hasilnya akan sesuai dengan yg di bayangkan. Btw pernah mencoba resep baru beberapa bulan yg lalu, " cinnamon tea ", karena sangat suka aroma kayu manis dan hasil akhirnya ....oh tentu tidak!...tidak ada yg menyentuh bahkan sy sekalipun :).

Sereh ( Cymbopogon)  adalah jenis tanaman ilalang (grass ) yg mempunyai aroma jeruk dan tahan lama  , tumbuh di wilayah tropis atau yg mempunyai temperatur hangat. Banyak di gunakan di negara2 asia tenggara sebagai penambah aroma masakan antara lain Malaysia, Vietnam, termasuk Indonesia. Masih menurut beberapa hasil blog walking, sereh juga mempunyai manfaat utnuk kesehatan. Karena di dalamnya terdapat  minyak Citral (essential citral oil ),yg membantu proses penyembuhan pada  penderita penyakit cancer.  Selain itu juga , rasa hangat yg di hasilkan di wedang sereh bisa di gunakan untuk meringankan penderita sakit batuk, demam , pilek atau bahkan masuk angin.

Resep yg sy temukan di sini dan  sy  tambahkan jahe, lebih pedas jika di bakar dulu kali ya...:), taste nya lumayan dan memang nikmat jika di nikmati di cuaca yg mulai  dingin ini.




Bahan:
3 btg Sereh ambil batangnya saja
500 ml air
3 lembar daun jeruk
Gula batu/ lump sugar
Sedikit gula aren utk pewarna
Jahe bakar

Cara membuat:
* Memarkan sereh  lalu masukkan kedalam air yg sudah mendidih. tambahkan jahe dan daun jeruk .

* Tambahkan gula sesuai selera, aduk. Sajikan hangat.

You Might Also Like

4 comments

  1. Enak nih buat cuaca dingin pas hujan kayak sekarang ini :) Nice photo.

    ReplyDelete
  2. Disini lemon grass juga dipakek buat campuran minuman alcohol lho say, gak pernah minum sih ngliat thok hehehh... eh anyway aku liburannya december, mangkanya walakanya gak bisa match

    ReplyDelete
  3. kapan2 mau coba...rasanya kaya apa Asri? sayank disini sereh ga sebanyak di Indo, biasa kalo ada, saya udah potong2 buat dimasukkin ke freezer..:)

    ReplyDelete
  4. @Tika,,,iya bener enak buat cuaca dingin :)....thank Tika.

    @ Mosok awakmu kate minum miras hahaha...wah Des yo rit...tinggal gigit jari nih :D

    @ Lumayan kok mb Roos, seger. Sy juga simpan sereh di freezer, wah kalo susah di dapat sayang ya mb roos, kalo di buat minuman. tapi sekali2 di coba gak papa kan heheh...

    ReplyDelete