Roti coklat

Thursday, September 09, 2010

Menjadi tukang bikin roti dadakan , sepertinya itu sebutan yg lebih tepat. Sejak berhasil membuat roti dan donut, dua princesses selalu minta roti buatan maknya, dan isinya selalu sosis buat kakak , coklat buat ade, dan sisanya keju utk beramai ramai :). Roti2an di Doha sebetulnya enak juga tetapi lebih bervariasi di tanah air. Yg banyak roti tawar dengan varian milk bread ( roti tawar susu), butter bread ( roti tawar rasa butter ), lalu brown bread, trans zero bread ( semacam roti berkalori rendah kalo tidak salah :) ).


breads


Jika di rumah roti2 tawar itu paling di oles dengan margarin plus chocolate sprinkle, di isi slice cheddar cheese, di bakar ... ya sekitar itu2 saja variasinya. Maka kadang utk bekal sekolah, disentuhpun tidak, mungkin sudah bosan. Tdk heran jika coba2 membuat roti ternyata mendapat sambutan yg meriah dari penikmat baking di rumah :D. Mungkin taste nya mendekati roti2 yg biasanya kami beli di tanah air meskipun sungguh masih jauh hehehe.

Kali ini mencoba resep dari buku yg sama dengan resep lapis surabaya, dengan sedikit di kurangi jumlah airnya. Karena sebetulnya ini adalah percobaan yg ke tiga menggunakan resep yg sama. Entah kenapa menggunakan takaran sesuai resep hasilnya soft banget sampai tidak bisa dibentuk. Teksturnya lembut meski tidak menggunakan bread improver, tp tetap berbeda hasil akhirnya , ini agak thick dibanding dengan roti keju yg menggunakan resep NCC. Anyway no problem di rumah kami, tetap habis , as they are roti lover :).


choco bread

Ingredients :

300 gr tepung berprotein tinggi
200 gr tepung berprotein sedang ( sy menggunakan all purpose flour)
80 gr gula pasir
1/2 sdm ( 6 gram) ragi instan
20 gr susu bubuk
3 kuning telur
1 putih telur
150 ml air es
75 gr margarin
1 sdt garam
Bahan isi :
50 ml krim kental
150 gr dark cooking chocolate, potong2
Bahan Olesan:
1 sdm susu evaporate

Directions :

* Isi : panaskan krim kental, matikan api, masukkan coklat, aduk sampai larut, dinginkan dalam refrigerator.

* Roti :
* Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan susu bubuk aduk rata.

* Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai kalis.

* Tambahkan margarin dan garam uleni sampai betul2 elastis. Diamkan 30 menit ( sy 20 menit ), kempiskan adonan.

* Timbang masing2 20 gram bentuk bulat diamkan kira2 10-15 menit.

* Pipihkan adonan, beri isi, bentuk bulat, letakkan di loyang ug sudah di oles margarin, diamkan kira2 75 menit

* Oleskan bahan olesan oven kurleb 6 menit dengan api bawah 220' C sampai matang ( sy menggunakan api 180' C kurleb 15 menit )

You Might Also Like

0 comments