Donat Kentang

Thursday, August 12, 2010

Hai...hai...ternyata hampir sebulan lebih sy tidak menambahkan sesuatu di site ini , sibuk menikmati hari2 singkat di kampung dan seperti biasa selalu terlewatkan utk di ambil barang satu gambarnya , at least kegiatan berburu warung makan yg setiap hari di utamakan. Padahal sayang sekali , mengingat jenis makanan yg beraneka ragam dan piranti sajinya pun menarik :)

Dan tanpa terasa ramadhan datang lagi sepertinya baru kemarin kami sekeluarga menikmati bangun pagi2 makan sahur, ternyata hari ini kami sudah melakukannya lagi. Mengenang ramadhan di masa lalu ada sesuatu yg istimewa buat sy , Kurma/Dates , ya ....buah asli timur tengah yg muncul di meja makan hanya di bulan puasa.

Dates


Ternyata buah yg di keringkan ini menjadi fav sy sejak tinggal di Middle East. Mengingatkan waktu lampau...mencicipinya pun enggan tidak suka pula rasanya :). Buah yg buat sy unik karena berbuah di kala musim panas, disaat suhu di Doha merambat naik buah ini semakin rimbun. Sekarang menjadi snack yg menemani hari2 tidak hanya jika berpuasa saja.


Puasa kali ini di awali sesuatu yg manis, berhasil membuat donut hihihi...terlalu berlebihan ya. Tidak buat sy, karena jajanan yg ini selalu dihilangkan dalam daftar challenge sy, mencoba resep baru :D. Selalu gagal dengan yeast dan segala sesuatu yg berbau fermentasi membuat sy ragu utk memulai membuat lagi.

Tapi setelah mencoba yg ke tiga kalinya dengan resep yg berbeda , yuhuuuu, akhirnya berhasil juga ( thanks Tiur buat percakapan singkatnya :) ). Dan yg lebih membuat sy happy, ternyata putri2 sy suka. Lengkaplah sudah.

doughnut with sugar


Resep yg sy copy dr resep NCC ini memang yummy, thanks bu Fatma Bahalwan . Dan sepertinya sudah boleh mencoba resep2 yang lainnya :)

Ingredients :

500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Directions :

* Campur tepung terigu, gula ,susu bubuk , ragi instan, aduk rata.

* Masukkan kentang halus, telur uleni hingga rata dan setengah kalis.

* Tambahkan margarin dan garam uleni sampai elastis.

* Istirahatkan kurleb 15 menit.

* Bagi adonan masing 30 gram ( resep asli 50 gram, terlalu besar utk sy :) ), diamkan 20 menit.

* Diamkan 20 menit atau sampai mengembang, lubangi tengahnya menjadi bentuk donut, segera goreng sampai kuning kecoklatan.

* Angkat , tiriskan, taburi gula donut ( sy menggunakan icing sugar )



" happy doughnut day princesses :) "

You Might Also Like

0 comments