Lodeh Nangka Muda

Monday, December 28, 2009

Dahulu kala : "yah...kok sayur ini sih ??".
Paling tidak suka kalau di rumah tersedia menu ini, menu nenek2 dan terkesan tidak mewah hehee. Apalagi sy kurang suka sayur bersantan ( itu dulu....:) ), kalau di dapur sudah terlihat nangka muda, dalam hati mudah2an akan ada yg lain selain lodeh nangka muda.

Ternyata di doha nangka muda itu mahal harganya , biasanya dijual dalam bentuk irisan satu plastik dua iris, tergolong mahal lah , nangka muda yg ini cantik berasal dr Thailand. Ada juga yg utuh , kalau yg ini lain lagi ceritanya bikin sakit ati , begitu di bersihkan dagingnya tinggal sedikit tidak sebanding dengan upaya mengupas kulitnya yg keras ( atau sy yg tidak bisa mengupasnya dengan betul hiks hiks )

Setelah jauh dr rumah, rindu juga rupanya, apalagi setelah mengenal bumbu2 padang, rupanya nangka muda atau kalau di Jawa tengah di kenal sebagai gori, rasanya yummy juga. Kali ini memasak bukan dengan bumbu padang, tp dengan bumbu yg biasanya di masak oleh nenek tercinta.


Ingredients :

Nangka muda, rebus dengan air garam ( sedikit ) , buang air
Air kaldu
Teri medan / teri biasa
Tempe iris kecil
Cabai hijau iris tipis
Lengkuas di geprek
Daun salam

Blends:

Cabe merah
Bawang putih
Bawang merah
Kemiri
Ketumbar
Merica sedikit
Jahe, kunyit, kencur

Directions :

* Tumis bumbu halus beserta daun salam dan lengkuas sampai harum, tambahkan teri medan dan tempe aduk2. Masukkan irisan cabai hijau

* Masukkan nangka muda, aduk sampai bumbu tercampur, tambahkan santan. Sesekali aduk sampai mendidih

* Tambahkan bahan yg lain ( sy kacang panjang dan labu siam) , aduk2 sampai matang.

You Might Also Like

2 comments