Putu ayu

Wednesday, February 20, 2013



 Dulu sekali , waktu pertama kali belajar membuat aneka cemilan sy langsung tertarik dunia per baking an. Saat itu begitu  terobsesi membuat aneka cake , bolu dan segalanya yg di oven. Dan sekarang mulai melirik dan tertarik aneka jajan pasar :), kue2 tradisional yg ternyata tidak semudah yg di bayangkan terutama proses pengerjaannya .  Tidak salah jika beberapa kali sy tulis, sy begitu bangga kepada pembuat aneka jajan pasar , yg jika di masa kecil kebanyakan di kerjakan oleh nenek2 kita.


Putu ayu adalah salah satu jajan pasar yg bahannya sangat sederhana, seperti kebanyakan ciri khas jajanan ini . Berbahagialah teman2 yg tinggal di tanah air, yg dengan sangat mudah memperoleh semua bahan-bahannya. Untuk sy ini adalah tantangan :), selain bahannya yg harus di cari di toko khusus , tidak selalu tersedia,  . Tantangan yg lain adalah menaklukan dua putri sy  yg sudah terbiasa menikmati aneka cake hasil baking.  Karena begitu melihat hasil nya akan selalu "what'is that?! , the taste is so weird...!"...oh mamamia!..."..ternyata menyakitkan" :).

Putu ayu  ini resepnya sy copy dari "Kreasi jajan pasar" oleh Sisca Susanto, boleh lah untuk di coba lagi. Tentu dengan sedikit modifikasi nantinya, ini adalah trial yg  pertama, ternyata di beberapa resep teman kelapa parut nya ada yg di kukus dan ditambahkan garam :). Tetapi untuk hasil akhirnya tidak lah mengecewakan. Ayu...cantik seperti namanya.




Bahan :
4 butir telur ayam
150 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
200 cc santan kental dari 1 butir kelapa ( sy santan cair kaleng )
pasta pandan secukupnya
1/2 butir kelapa parut.

Cara membuat :

* Kocok telur dan gula pasir hingga kental. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Lalu tuangkan santan kental sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dan tambahkan pasta pandan, aduk rata.

* Siapkan cetakan putu ayu, olesi dengan minyak. Tambahkan 1 sdt kelapa parut pada dasar cetakan. Tuang adonan kedalamnya.

* Panaskan kukusan , kukus putu ayu selama 15 menit hingga matang hidangkan.

You Might Also Like

4 comments

  1. Asri, cakep fotonya...btw, Asri, beli cetakan putu ayu dimana? pengen bikin tapi ga punya cetakannya..:(

    ReplyDelete
  2. Mb Roos , sy bawa dari Indonesia , sudah duluuu kala :D. thanks mb.Btw kangen mb Roosy sy mb :).

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi Kak Asri....
    Cantik kuenya....

    ReplyDelete
  4. selamat pagi Rahel..seneng ketemu lagi :). se cantik Rahel tentunya .

    ReplyDelete